Kumpulan Penyakit

Obat Batu Ginjal Tanpa Operasi Paling Ampuh

Obat Batu Ginjal

Obat Batu Ginjal – Batu ginjal atau dalam istilah medis dikenal dengan nama nefrolitiasis yaitu suatu kondisi dimana terbentuknya material keras di dalam ginjal yang menyerupai seperti batu. Material keras tersebut dapat terbetuk dari sisa-sisa zat limbah yang mengalir dalam darah, kemudian ginjal akan menyaringnya dan kemudian zat limbah tersebut akan mengendap dan mengkristal.

Obat Batu Ginjal Resep Dokter Paling Manjur

Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, penyakit batu ginjal ini banyak di alami oleh mereka yang berusia antara 30-60 tahun dan bahkan diperkirakan 15 persen pria dan 10 persen wanita pernah terkena penyakit ini selama hidupnya. Penyebab batu ginjal sendiri sering disebabkan oleh faktor makanan atau bisa juga dipengaruhi oleh gangguan kesehatan lainnya. Jika dikenali dari jenisnya, penyakit batu ginjal sendiri terbagi menjadi empat jenis yaitu batu asam urat, batu kalsium, batu sistin dan batu stuvit.

Gejala Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal sering kali membuat penderitanya tidak merasakan gejala apapun apabila ukuran dari batu ginjalnya masih tergolong kecil, sehingga masih dapat dikeluarkan dari dalam tubuh secara alami dengan melalui ureter. Ureter merupakan sebuah saluran yang menghubungkan antara organ ginjal dengan kandung kemih.

Gejala batu ginjal sendiri baru akan terasa apabila ukuran dari batu ginjal tersebut lebih besar dari ukuran saluran pada ureter. Jika ukurannya cukup besar, maka akan sering terjadi gesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan bahkan dapat menyebabkan luka. Maka dari itu, urine yang dikeluarkan bahkan bisa bercampur dengan darah. Selain dapat menyebabkan terjadi iritasi pada ureter, batu ginjal juga bisa saja tersangkut dalam saluran ureter sehingga dapat menyebabkan terjadinya akumulasi terhadap bakteri dan bahkan dapat menyebabkan pembengkakan karena infeksi.

Gejala yang bisa ditimbulkan ketika terjadi pergesekan antara batu dengan ureter, maka penderitanya akan merasakan rasa nyeri di bagian pinggang, nyeri pada bagian perut bawah atau bagian samping dan juga selangkangan yang biasanya akan disertai dengan rasa mual. Sedangkan jika sudah terkena infeksi pada ginjal, maka dapat menimbulkan gejala seperti warna urine menjadi keruh dan mengeluarkan aroma tidak sedap, badan terasa lemas, menggigil dan deman yang cukup tinggi.

Lalu, bagaimana cara mengobati batu ginjal? Jika kondisinya sudah cukup parah, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan tepat. Biasanya dokter akan memberikan jenis obat-obatan yang bisa anda konsumsi. Penggunaan obat-obatan tersebut harus mendapatkan bimbingan dokter, sehingga kami tidak menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat ginjal di apotik tanpa resep dan pengawasan dari dokter.

Obat Batu Ginjal 

Hanya sebagai pengetahuan saja, ada beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati batu ginjal, diantaranya yaitu :

  1. Renalof

Renalof merupakan salah satu jenis obat batu ginjal memiliki kandungan bahan aktif, obat ini dapat berfungsi untuk menghapuskan batu ginjal. Obat ini dapat diberikan untuk membantu dalam melewati kristal kalsium oksalat, bahkan obat ini juga dapat mencegah dan menghambat proses pembentukannya. Namun obat ini tidak disarankan di minum oleh pasien dengan riwayat alergi terhadap obat, anak-anak, ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. Dosis yang diberikan sesuai anjuran dalam kemasan obat yaitu 3 kali sehari dengan sekali minum 1 kapsul, namun sebaiknya di minum sesuai anjuran dari dokter. Minum obat ini 30 menit sebelum makan.

Efek Samping :

Efek samping yang ditimbulkan hampir tidak ada, karena Renalof sendiri merupakan salah satu jenis obat yang dibuat dari bahan-bahan alami. namun jika timbul efek samping seperti alergi setelah mengkonsumsinya, sebaiknya hentikan penggunaan obat ini dan segera konsultasikan dengan dokter,

  1. Calterol

Obat batu ginjal berikutnya yang bisa didapatkan di apotik yaitu Calterol. Obat ini dapat diberikan untuk membantu menghancurkan batu oksalat yang terdapat pada ginjal atau pada saluran kandung kemih. Selain itu, obat ini juga dapat membantu melencarkan buang air kecil, meredakan rasa nyeri pada bagian pinggang dan juga mencegah batu ginjal muncul kembali setelah sembuh.

Perlu anda ketahui, bahwa obat ini tidak dianjurkan untuk diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan. Selain itu, anak-anak, lansia, ibu hamil dan menyusui sangat tidak disarankan untuk minum obat ini tanpa pengawasan dokter. Sedangkan bagi pasien penderita penyakit hipertensi, gagal jantung, gangguan organ hati dan beberapa jenis penyakit lain, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.

Calterol dapat diberikan 2 kali sehari dalam sekali minum bisa 5 kapsul sekaligus bagi mereka yang sudah menderita penyakit batu ginjal, sedangkan untuk pencegahan bisa diminum 2-3 kali dengan sekali minum sebanyak 1 kapsul. Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ikuti anjuran dokter.

Efek Samping :

Sampai saat ini belum ditemukan kasus efek samping dalam penggunaan obat ginjal Calterol ini, namun jika muncul gejala alergi atau gejala lain yang dianggap berbahaya, maka hentikan penggunaan obat ini dan segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Calcusol

Obat batu ginjal lainnya yang bisa anda dapatkan di apotik yaitu Calcusol, obat ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah batu ginjal dengan cepat dan aman tanpa efek samping berbahaya asalkan sesuai dengan resep dari dokter. Calcusol berfungsi untuk menghancurkan batu ginjal dan juga dapat membantu melancarkan buang air kecil. Namun hati-hati bagi penderita penyakit darah tinggi, gagal jantung, gangguan organ hati dan penderita jenis penyakit kronis dalam mengkonsumsi obat ini. Selain itu, obat ini tidak disarankan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap obat.

Dosis yang diberikan yaitu umumnya 3 kali sehari dengan jumlah 2 kapsul sekali minum untuk mengobati batu ginjal, sedangkan untuk pencegahan bisa di minum 2 kali sehari sebanyak 1 kapsul sekali minum. Namun sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini meskipun obat ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Enatin

Enatin merupakan jenis obat yang dapat diberikan untuk menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal, bahkan penggunaan obat ini juga bisa terus dilanjutkan sebagai pencegahan batu ginjal terbentuk kembali setelah sembuh. Selain itu, Enatin juga dapat membantu meringankan gejala batu ginjal seperti nyeri serta dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran ureter. Untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini, meskipun belum ada kasus efek samping yang ditemukan dalam penggunaan Enatin untuk mengobati penyakit batu ginjal.

Dosis yang diberikan untuk pengobatan batu ginjal yaitu bisa diminum 3 kali sehari 2 kapsul sekali minum, obat ini sebaiknya minum satu jam sebelum makan. sedangkan untuk pencegahan bisa di minum 1-2 kali sehari 1 kapsul sekali minum. Asalkan diminum sesuai anjuran dokter, maka obat ini tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Catatan :

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan diatas.

Itulah tadi beberapa jenis obat ginjal yang bisa anda minum untuk mengatasi masalah kesehatan ginjal anda, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • sebutkan obat yang paling gampang dicari sakit kepala
  • ALAMI OBAT SAKIT PINGGANG
  • apa obat kepala sakit yg tradisional
  • jenis obat asma herbal
  • jenis pusing dan pengobatan herbalnya
  • obat yg ampuh untuk asam urat
Obat Batu Ginjal Tanpa Operasi Paling Ampuh | admin Kesehatan | 4.5
/* */