Kumpulan Penyakit

10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun – Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan manusia, mulai dari pengobatan luar tubuh sampai dalam tubuh. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin. Nah kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. berikut ini adalah ulasan mengenai minyak zaitun jenis, kandungan, manfaat dan harga minyak zaitun di pasaran.

Manfaat dan Harga Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun

Sumber : google.com

Minyak zaitun sekarang telah digunakan dalam berbagai keperluan seperti obat-obatan, masakan, sabun, dan juga bahan bakar untuk lampu tradisional, dan bahkan digunakan sebagai produk kosmetik. Minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan mengatasi bibir pecah-pecah. Jika kulit anda, siku anda dan bagian lainnya bisa anda berikan minyak zaitun dan seketika akan cepat lembut dan halus kembali.

Jenis dan Kandungan Minyak Zaitun

Ada dua jenis atau kategori utama minyak zaitun yang dapat ditemukan di pasaran. kedua jenis minyak zaitun tersebut adalah :

1. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

Minyak zaitun jenis ini merupakan minyak zaitun yang berkualitas paling terbaik dan yang paling mahal dijual di pasar daripada jenis minyak zaitun lainnya. Minyak zaitun dengan kualitas terbaik biasanya masih memiliki rasa dari buah zaitun yang asli.

2. Minyak Zaitun Standar

Minyak zaitun jenis ini mengalami proses dari pemurnian dan biasanya tidak memiliki rasa, warna maupun aroma dari buah zaitun yang asli. Minyak zaitun yang beredar di pasaran saat ini biasanya merupakan minyak zaitun jenis standar yang sudah dicampur dengan sedikit minyak zaitun tipe evoo.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

Sumber : google.com

1. Untuk Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan nih apabila anda kehabisan pembersih make up dan di dapur , tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada minyak zaitun, anda cukup dengan gunakan minyak zaitun  tersebut untuk menghapus sisa-sia make up pada wajah anda. Banyak merek kosmetik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk mencuci wajah dimana terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Menurut dokter kulit, cleansing oil cenderung bebas dari bahan kimia paraben yang berbahaya, karena terbuat dari bahan alami dan  juga tidak melenyapkan minyak alami di wajah.

Namun, hati-hati apabila anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan cleansing oil, bisa-bisa pembersih wajah ini justru mengendap di lensa kontak. Manfaat lainnya dari minyak zaitun sendiri untuk wajah adalah dapat pula diaplikasikan sebagai masker atau facial. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Atau anda dapat juga dengan mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara di tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

2. Untuk Kulit Tubuh

Para wanita sudah pasti menginginkan kulit cerah pada tubuhnya. Nah, untuk mengatasi kulit kering, anda  juga dapat menggunakan minyak zaitun menjadi salah dua untuk wajah. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah untuk diserap dengan baik ke dalam kulit. tidak ada alergi yang ditimbulkan karena minyak zaitun tetapi saran lebih baik jika tidak anda gunakan untuk bagian kulit yang berjerawat. Dan menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan juga zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuik membuat kulit anda menjadi halus dan juga akan nampak lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengkonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.Manfaat dari minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh dapat diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis (kulit merah dan terkelupas), dan infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipat tubuh, dan panu). Namun, penelitian ini masih belum pasti dan masih akan diteliti lebih lanjut.

3. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Sebuah  penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Massaxhusetts Amherst telah menunjukan bahwa pada minyak zaitun meningkatkan kemampuan memori otak hingga 25% dan melindungi sel otak dari kerusakan. Minyak zaitun juga dipercaya mampu mencegah penyakit alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya.

4. Mencegah Serta Mengobati Kanker

Manfaat minyak zaitun kesehatan yang luar biasa adalah kemampuannya dalam mencegah dan melawan penyakit kanker. Selain itu, Penyakit kanker merupakan salah satu penyumbang angka kematian terbesar di dunia. Minyak zaitun mengandung senyawa phitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Alternative Medicine Review dimana telah  menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat membunuh sel kanker dan menekan mutasi gen kanker dalam tubuh. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa seseorang wanita yang saat ini tinggal di daerah mediterania dan juga lebih rutin untuk mengkonsumsi minyak zaitun akan memiliki resiko yang jauh lebih rendah untuk dapat terkena kanker payudara.

5. Mencegah Penyakit Maag

Siapa yang pernah menduga bahwa minyak zaitun juga dapat mencegah dan mengobati penyakit maag. Pada sebuah riset yang sudah dilakukan oleh seseorang bernama Romero et al menemukan jika minyak zaitun mempunyai kemampuan untuk dapat menghambat laju pertumbuhan jenis bakteri Helicobacter pylori didalam tubuh. Bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab radang lambung atau maag yang dapat memicu produksi asam lambung. Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur juga mampu mengurangi infeksi bakteri H pylori dan membunuh bakteri penyebab penyakit maag.

6. Melembutkan Bibir

Apabila anda memiliki masalah dengan bibir pecah-pecah, bibir kering, maka minyak zaitun solusinya. MInyak zaitun dapat membantu anda untuk melembutkan dan melembabkan bibir. Cukup dengan oleskan minyak zaitun murni pada bibir setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan bibir yang lembut dan lembab. Minyak zaitun juga diyakini bisa menghilangkan warna kehitaman pada bibir.

7. Mencegah Penuaan

Selain dikenal sebagai cara untuk melembabkan dan menyehatkan kulit, minyak zaitun dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya loh. Minyak zaitun sendiri telah mengandung senyawa squalene yang dapat menjaga kekencangan dan keelastisan kulit. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kulit yang lebih muda daripada mereka yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

8. Meningkatkan Libido

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai aprodisiak atau senyawa yang dapat meningkatkan gairah seksual pada pria maupun wanita loh. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi hormon seksual.

9. Mengurangi Berat Badan

Bagi anda yang ingin melakukan proses diet, anda bisa saja mengunakan minyak zaitun dikarenakan minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan dan senyawa lainnya yang dapat menekan sinyal rasa lapar di otak sehingga tubuh akan lebih cepat merasa kenyang meskipun makan dalam porsi kecil.

10. Obat Kulit Terbakar

Anda tentu sangat risih apabila kulit yang ada sayangi terkena paparan sinar matahari bahkan merah-merah. Memang benar, kulit yang terkena matahari akan terasa panas dan cukup menyakitkan. Apabila kulit anda terbakar oleh paparan sinar matahari, maka gunakan saja minyak zaitun dimana minyak zaitun dapat menenangkan kulit yang terbakar. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam  minyak zaitun mampu meresap hingga lapisan terdalam kulit dan meredakan rasa sakit dan panas akibat sengatan panas matahari.

Daftar Harga Minyak Zaitun Terbaru

Jenis Minyak Zaitun Harga Minyak Zaitun
Olive Oil Extra Virgin Merk Rafael Salgado 40 Ml Botol Cantik Rp 16.800
Minyak Zaitun Al Amir 4 Liter Rp 266.000
Pomace Olive Oil / Minyak Zaitun Pomace (1 L) Rp 91.000
Minyak Zaitun Orkide Extra Virgin 500ml Rp 79.000
Coosur Extra Virgin Olive Oil (evoo) Intenso 1 Liter Rp 125.000
Coosur Extra Virgin Olive Oil (evoo) Hojiblanca 1 Liter Rp 135.000
Coosur Extra Virgin Olive Oil (evoo) Arbequina 1 Liter Rp 125.000
minyak zaitun al amir 175 ml Rp 33.500
Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Al Ghuroba 1 Liter / 1000 Ml Rp 121.000
Minyak Zaitun BORGES Extra Virgin Olive Oil 125 ml – BORGES 125ml Rp 26.000
Coosur Extra Virgin Olive Oil (evoo) Suave 1 Liter Rp 119.000
Minyak Zaitun Le Riche / Le Richi Nett 300 ML ASLI Rp 29.000
Minyak Zaitun BORGES Extra Virgin Olive Oil 500 ml – BORGES 500ml Rp 75.500
Original Extra Virgin Olive Oil (EVOO) Casa Di Oliva for Kids Zaitun Rp 69.000
Minyak Zaitun 60ml ZAITUNA Rp 15.000
Kapsul Minyak Zaitun Murah ZAITUNA Rp 16.000
Minyak Zaitun Afra Rp 45.000

Demikian ulasan yang dapat kami share dan bagikan mengenai manfaat minyak zaitun yang sangat bermanfaat bagi manusia mulai dari buah, daun sampai batangnya. Anda bisa menjadikan referensi ulasan kami karena ulasan yang kami berikan sangat bermanfaat dan juga ulasan mengenai minyak zaitun juga salah satu obat tradisional yang sangat di rekomendasikan oleh nabi Muhammad SAW dari sejak zaman dahulu, cukup sekian dan terima kasih 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat minyak zaitun
  • minyak zaitun al amir apa bisa dicampur masker
  • zaitun terasa panas jika digunakan untuk kulit
10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Doktersehat | 4.5
/* */