Kumpulan Penyakit

Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat Meminum Air Hangat Setelah Makan – Tahukah kamu bahwa meminum air hangat setelah makan ternyata banyak menyimpan manfaat yang luar biasa bagi tubuhmu. Bahkan dengan menerapkan kebisaan meminum air putih hangat setelah selesai makan akan membawa dampak yang baik untuk kesehatan pencernaan dalam tubuh kamu. Selain bermanfaat untuk mengusir rasa haus, dengan mengkonsumsi air putih hangat juga bisa memberikan rasa hangat di tubuh anda terlebih saat badan terasa meriang kedinginan.

Memang bagi kebanyakan orang sangat jarang didapati meminum air putih hangat setelah makan, justru kebanyakan dari mereka atau kamu akan lebih tertarik untuk meminum air dingin atau bahkan air es. Namun dengan kamu mengetahui banyaknya manfaat mengkonsumsi air hangat setelah makan di bawah ini, kamu akan mulai menyukai mengkonsumsi air putih hangat setelah makan.

Manfaat Konsumsi Air Hangat Setelah Makan Untuk Tubuh.

  1. Detoksifikasi Alami

Selanjutnya manfaat baik dari mengkonsumsi air hangat setelah makan adalah mampu membantu proses detoksifikasi alami. Di dalam tubuh kita tersimpan banyak kandungan racun yang harus segera dikeluarkan. Dengan meminum air hangat secara rutin akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dalam bentuk keringat, urin dan juga tinja. Dengan terbuangnya racun-racun ini, maka bisa memberikan efek yang baik pada usus, bahkan mampu mencegah datangnya penyakit kanker usus, karena racun dan limbah yang tidak berguna dapat dibersihkan dengan baik oleh air hangat ini.

  1. Meredakan Gangguan di Tenggorokan

Saat terserang batuk, pilek atau flu bisanya masalah lain yang akan muncul adalah gangguan di bagian tenggorokan. Untuk itu agar rasa tidak nyaman ditenggorokan dapat diatasi dengan baik cobalah untuk selalu rajin mengkonsumsi air hangat. Meskipun hanya sekedar air hangat, namun manfaatnya begitu baik dalam mengatasi rasa gatal di tenggorokan yang di akibatkan dari batuk. Air hangat bisa menjadi obat antibiotik alami yang dapat meredakan rasa gatal ditenggorokan yang disebabkan oleh adanya gangguan dari virus. dengan minum air hangat juga bisa digunakan untuk obati sakit radang tenggorokan

  1. Baik Untuk Pencernaan

Dengan meminum air hangat sehabis makan akan membuat proses penyerapan makanan didalam tubuh bisa menjadi lebih baik lagi. Bahkan hebatnya lagi kandungan lemak-lemak yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi akan dapat larut dengan meminum air hangat ini. Jika hal ini terus kamu jadikan kebisaan sehari-hari, maka sistem pencernaanmu akan jauh lebih sehat dan dapat menjalankan tugasnya secara lebih maksimal lagi. Sebab air hangat yang masuk dalam tubuh akan membantu memecah sisa makanan sehingga akan membuatnya jauh lebih kecil dan hal ini akan memberi efek yang baik pada organ usus karena proses pembuangan akan jauh lebih mudah.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain baik untuk kesehatan tubuh, dengan meminum segelas air hangat yang ditambah dengan air perasan jeruk lemon di pagi hari, akan berguna untuk proses penghancuran lemak dalam tubuh. Sebagai cacatan tambahan saat kamu hendak mengkonsumsi air lemon hangat ini, sebaiknya sebelum kamu mencoba meminumnya , diamkan dulu air lemon tersebut paling tidak selama 10 menit agar air lemon memberikan reaksinya terlebih dahulu.

  1. Mengurangi Gejala Kram Perut

Khususnya bagi para wanita yang sedang mengalami ketidaknyamanan saat haid, karena masalah nyeri yang diakibatkan adanya darah yang menempel di dinding rahim dan sulit untuk keluar. Dengan meminum air hangat akan membantu meluruhkan darah yang menempel tadi dengan mudah, sehingga gejala kram perut dan juga nyeri saat haid dapat berkurang.

  1. Mengatasi Masalah Kram Di Kaki

Jika sampai masalah kram di kaki ini mengganggu kenyamanan anda maka bisa mencari solusi untuk mengatasinya hanya dengan meminum air hangat yang ditambahkan dengan sedikit madu. Bisa juga merendam kaki yang kram tadi kedalam air hangat yang dicampur dengan garam dapur, sembari melakukan pemijatan pada bagian telapak kaki.

  1. Memberikan Rasa Tenang dan Rileks

Ingin merasakan ketenangan dan perasaan yang lebih rileks di pagi hari, caranya sangatlah mudah untuk dilakukan. Cobalah meminum segelas air hangat kemudian tariklah napas dalam-dalam sembari menikmati udara pagi yang sejuk di halaman rumah. Hal ini dapat membuat perasaan malas, gundah dan sedih dapat hilang dari pikiran kamu.

  1. Meringankan Gejala Mual

Biasanya untuk ibu hamil akan lebih sering merasakan mual di pagi hari, untuk itu agar gejala mual ini dapat dikurangi, biasakan setelah bangun tidur meminum segelas air hangat. Atau bisa juga menggunakan air hangat ini untuk berkumur-kumur untuk mengurangi rasa mual berlebih.

  1. Menghilangkan Bau Mulut dan Membantu Mengatasi Sakit Gigi

Air putih hangat mengandung antibiotik alami yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan juga bau mulut. Berkumurlah dengan air hangat setelah makan untuk membantu menghilangkan plak di gigi, dan mengurangi gejala sakit gigi. cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap juga akan mudah hilang jika anda rajin meminum dan berkumur menggunakan air hangat

  1. Menjaga Kualitas Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas maka bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi air hangat sebelum tidur. Atau bisa juga berendam dengan air hangat sebelum beranjak tidur. Hal ini dapat membantu menenangkan pikiran sehingga membuat kamu bisa merasakan tidur yang pulas dan nyenyak. Sehingga saat bangun di pagi hari kamu akan jauh merasa segar dan siap untuk kembali beraktivitas, dan menjalankan segala kegiatanmu.

  1. Menghilangkan Kantuk Berlebihan

Rasa kantuk dan malas sering sekali menjadi musuh terbesar di saat pagi hari. Nah untuk mengusir rasa kantuk, penat dan malas untuk menjalani hari bisa dengan mengandalkan langkah mudah yaitu dengan mengkonsumsi air hangat. Dengan meminum air hangat tubuh akan jauh lebih segar dan bisa membuat badanmu hangat hingga mengeluarkan keringat. Jika tubuh sudah berkeringat, maka rasa kantuk dan malas akan hilang dengan sendirinya sehingga jika rasa kantuk selalu menyelimuti pagimu, segera atasi dengan meminum segelas air hangat, dan bisa juga dengan menambahkan sedikit madu dan juga lemon.

  1. Peredaran Darah Lebih Lancar

Selanjutnya manfaat sehat meminum air hangat setelah makan bagi tubuh adalah membuat peredaran darah dalam tubuh semakin lancar. Hal ini dikarenakan air hangat mampu melebarkan pembuluh darah sehingga akan membuat aliran darah bisa bebas dari hambatan.

Banyak sekali bukan manfaat sehat meminum air putih hangat yang bisa kamu dapatkan. Tentunya kamu tertarik bukan, untuk mencoba melakukan kebisaan meminum air hangat setelah makan atau sesering mungkin dalam setiap harinya.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan mengenai Manfaat minum air hangat bagi kesehatan anda, semoga ulasan yang telah kami bagikan bisa bermanfaat bagi anda dan kesehatan tubuh anda, dan artikel yang telah kami bagikan bisa menjadi referensi bagi anda. Semoga sehat selalu dan terima kasih. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat gatal yang mujarab
Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan Bagi Kesehatan Tubuh | admin Kesehatan | 4.5
/* */