Kumpulan Penyakit

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Manfaat Natural Kunyit Bagi Kecantikan Tubuh Anda

Manfaat Kunyit – Manfaat kunyit memang sudah banyak diketahui oleh manusia sejak zaman dahulu. Kunyit dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang dimana memiliki cita rasa dan juga warna yang khas. Tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, kunyit kerap dimanfaatkan di berbagai kondisi masalah kesehatan. Manfaat kulit untuk kesehatan sudah dimulai dari nenek moyang dan kunyit dikenal obat mujarab yang bisa mengobati segala macam jenis penyakit.

Manfaat kunyit tidak hanya untuk mengobati segala macam penyakit saja tetapi manfaat kunyit untuk kecantikan juga sudah menjadi hal yang umum dari zaman dahulu sampai zaman modern ini juga banyak produk jamu yang juga banyak yang berbahan dasar kunyit seperti jamu merk sido muncul. Namun apakah klaim manfaat kunyit sudah teruji dari segi medis?

Kunyit merupakan senyawa kimia yang bernama kurkumin. Zat tersebut berpotensi untuk membantu proses penyembuhan pada tubuh. Kunyit dapat juga membantu nyeri pada penderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah penelitian yang sudah dilakukan menyatakan bahwa manfaat kunyit sebanding dengan apa yang didapatkan dari obat ibuprofen sebagai anti nyeri untuk dapat mengatasi penyakit osteoarthritis. Apabila ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthiritis, anda dapat mengkonsumsi kunyit dengan dosis 500 mg dua kali sehari.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Sumber: google.com

1. Obat kulit gatal

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah untuk obat kulit gatal. Berdasarkan sebuah penelitian awal, kulit gatal dapat diatasi dengan mengkonsumsi produk yang mengandung kurkumin yang dikombinasikan olekh ekstrak lada hitam atau cabe jamu.

2. Ruam pada kulit

Kondisi kemerahan pada kulit dapat diatasi dengan mengkonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimia kunyit

3. Masalah menstruasi

Anda pasti sering melihat sebuah iklan yang mengandung kunyit dalam kemasan minuman yang mana dikatakan dapat mengatasi rasa sakit nyeri pada seseorang yang sedang menstruasi. Dari beberapa penelitian, dikatakan bahwa mengkonsumsi ekstrak kunyit dapat meringankan rasa sakit. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjt untuk membuktikan hal tersebut

4. Tukak lambung

Dari beberapa penelitian yang telah terlaksana, para peneliti menyatakan bahwa sakit maag atau tukak lambung dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi kunyit.

5. Dispepsia (Maag)

Manfaat dari Kunyit ternyata bisa digunakan untuk merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu dalam hal ini dianggap bahwa kunyit dapat membantu untuk meningkatkan proses pencernaan. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kunyit dapat membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita maag.

6. Usus besar

Tidak hanya mengobati saja, dari beberapa penelitian, kunyit juga dapat di pakai untuk mencegah orang yang yang beresiko mengalami kanker usus besar dengan cara mengurangi jumlah kelenjar kanker di tubuh seseorang. Penanda tumor kanker usus besar ditemukan menurun pada beberapa penelitian yang memakai kunyit

7. Anti inflamasi

Kandungan minyak volatile yang ada di dalam kunyit sudah menunjukan bahwa aktivitas anti-inflamasi yang terlalau signifikan dalam berbagai model eksperimental yang dilakukan. Bahkan akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan minyak atsiri. Hal ini terjadi dikarenakan pigmen kuning yang ada pada kunyit . curcumin dianggap sebagai agen farmakilogis utama dalam kunyit. Dalam sebuah penelitian, efek anti – inflamsi curcumin terbukti sebanding obat hydrocortisone an fenilbutazon sebagai zat anti – infalamsi seperti motrin.

8. Peradangan sendi kronis

Kunyit adalah seribu obat untuk penyakit, juga termasuk adalah peradangan kronis pada sendi. Hal tersebut penting untuk berbagai penyakit. Salah satunya yaitu radang sendi, dimana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi. Anti-oksidan dan anti-inflamasi memang sangat baik untuk dapat mengobati penyakit ini. dan juga pembengkakan pada sendi

9. Pencegahan Kanker

Kandungan antioksidan dan kurkumin memungkinkan untuk dapat melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Proses tersebut dapat bermanfaat bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin dapat menghancurkan sel kanker sehingga tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh.

10. Meningkatkan Antioksidan

Kandungan curcumin merupakan salah satu antioksidan yang kuat dan dapat menetralkan radikal bebas karena stuktur kimianya yang dimiliki. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh. Dengan memberikan perlawanan/membunuh radikal bebas.

11. Meningkatkan Fungsi Hati

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan objek studi yang dilakukan untuk megevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati untuk mendetokfikasi xenobiotuk bahan kimia, kadar dua enzim detokfikasi hati sangat penting secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti berkomentar, bahwa hasil penelitiannya menunjukan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detokfikasi selain sifat antioksidan.

10. Mengurangi Resiko Terkena Leukimia

Penelitian yang di presentasikan pada konferensi mengenai penyakit leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengkonsumsi makanan yang dibumbui dengan kunyit dapat mengurangi resiko terkena leukemia. Seorang Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun melakukan studi ini. Dalam studinya mengatakan bahwaa curcumin dalam kunyit dapat menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatic polisiklik ], menghambat radiasi kerusakan kromosom., menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel.

12. Mencegah alzaimer

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa kurumin, konstituen yang biologis aktif dalam kunyit, dapat mencegah penyakit alhzeimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember, 2003) telah membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem perlindung, apabila dipicy dalam jaringan otak akan menyebabkan produksi bilirubin antioksidan dan menjadin kuat, yang melindungi otak melawan osidatif dan cidera yang terjadi.

Antioksidan tersebut menjadi faktor utama dalam penuaan dan menyebabkan gangguan neurodegenerative termasuk demensia. Penelitian ini dilakukan bersama tim Italia dan amerika Serikat dan di presentasikan pada konferensi tahunan American Physiological Society pada tahun 2004 di Washington, DC, dan menegaskan bahwa kurkumin berperan penting dalam menginduksi gen yang disebut HO-1 (hemeoxygenase) di astrosit dari wilayah hippocampus otak.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Sumber: google.com

13. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang sangat bagus dan sangat di butuhkan oleh tubuh dan kulit untuk nutrisi kulit anda. Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit merupakan salah satu manfaat yang paling ampuh dari kunyit. jerawat merupakan bakteri dan zat pada kunyit bisa mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat

Sifat dari zat atau kandungan kunyit dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah anda. hal ini juga sering digunakan untuk kecantikan wajah dari dulu sampai sekarang.

14. Menghaluskan Kulit Wajah dan Tubuh

Manfaat kunyit untuk kecantikan sudah sejak jaman dahulu sampai saat ini masih kunyit memang bahan dapur yang memiliki segala manfaat, manfaat kulit untuk menghaluskan kulit adalah yang paling dirasakan oleh penggunanya, banyak kandungan antioksidan pada kunyit yang dapat membuat kulit anda lebih halus. cara penggunaan untuk menghaluskan kulit biasanya digunakan sebagai masker kulit dan wajah.

Efek Samping Kunyit pada Tubuh

Mengkonsumsi kunyit sebaiknya tidaklah melebihi 500 mg tiap hari. Hindari mengkonsumsi dalam jumlah 1.500 mg guna meminimalisir efek samping. Dari sebuah laporan kunyit yang di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat detak jantung menjadi abnormal.

Efek samping lain yang ditimbulkan dari pemakaian kunyit secara tidak wajar yaitu menimbulkan reaksi alergi, pendarahan, gangguan kantung empedu, kontraksi uterus, gangguan perut dan pencernaan, mengurangi kesuburan pada pria. Sebaiknya dalam mengkonsumsi kunyit dilakukan secara hati-hati pada ibu hamil, penderita diabetes, seseorang yang kekurangan zat besi dan kalangan yang ingin melakukan operasi.

Dari segi medis, manfaat kunyit memang belum dapat dipastikan sepenuhnya. Namun mengingat sudah ada sebuah penelitian yang memberi nilai positif pada manfaat dari kunyit sendiri. Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pengobatan pada tanaman herbal. Meskipun begitu, untuk pengkonsumsiannya alangkah lebih baik untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Kandungan Zat Pada Kunyit

Manfaat kunyit terdapat pada kandungan zat yang ada didalamnya, nah apa sih kandungan yang dimiliki oleh kunyit kok bisa mempunyai manfaat selain sebagai bumbu dapur atau sebagai jamu tradisional, ini dia zat kandungan dalam kunyit.

1. Zat warna kurkuminoid

Senyawa diarilptanoid yaitu 3-4% dan juga ada zat lain yaitu dihidrokurkumin, curcumin, bisdesmetoksikurkumin, dan juga desmetoksikurkumin.

2. Minyak atsiri

Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana, kurlumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, hurmulen.

3. Mineral

Magnesium besi mangan, kalsium, natrium, kalium, dan bismuth

4. Zat lain

Arabinosa fruktosa, glukusa

Manfaat kunyit lainnya yaitu sebagai nutrisi sehat uang dibutuhkan oleh manusia.

Anda tertarik untuk menggunakan kunyit sebagai obat tradisional keluarga anda, atau bagi para pemuda pemudi yang ingin ketampanan dan kecantikan tetap terjaga tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan obat tradisional paling ampuh ini. kesehatan adalah hal paling utama dalam hidup jadi tetap jaga kesehatan ya.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Terima kasih 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • kunyit apa bagus buat kesehatan
  • manfaat kunyut bagi kesehatan dan kecantikan
  • manfaat minum kunyit untuk kecantikan
14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan | Doktersehat | 4.5
/* */