Kumpulan Penyakit

11 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Naga

Sumber: google.com

Ini Dia Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Khasiat Buah Naga – Manfaat buah naga memang sudah tidak diragukan lagi. Buah naga merupakan buah yang dimana belakangan ini menjadi trend dan juga popular dikalangan masyarakat Indonesia. Buah yang satu ini mendapatkan ke populerannya dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah naga memiliki tampilan yang menarik dan unik sehingga mendapatkan selera saat melihatnya. Kulit dari buah naga yang berwarna merah mudah terlihat bagaikan duri pada buah durian. Nah kalau jenis buah naga yang sering dikenal di umum yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Dan dari keduanya juga manfaat untuk kesehatan yang sangat bagus sekali berikut ulasan lebih lengkapnya.

Pada awalnya, buah naga berasal dari Negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah dimana kemudian buah naga menjadi berkembang hingga ke Negara-negara lainnya di Asia seperti Indonesia saat ini. Buah naga terdiri dari beberapa jenis yang cukup berbeda. Baik dalam kulit warna atau dagingnya buahnya pun terlihat beda.

Jenis-jenis Buah Naga

  1. Jenis yang pertama merupakan buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus costariencis. Buah ini merupakan salah satu dari buah naga yang dikenal dengan warna kulit yang berwarna merah muda dan juga dagingnya memiliki warna merah yang sangat terang sekali
  2. Jenis buah naga yang kedua memiliki nama latin Hylocereus polyrhizuz. Buah naga yang satu ini merupakan salah satu jenis yang memiliki warna kulit dengan warna merah muda terang
  3. Jenis Buah naga Hylocereus undatus. Buah naga jenis ini memiliki ciri khas dengan kulit luar yang berwarna merah maroon tetapi untuk isian atau dagingnya akan tampak terlihat berwarna putih.
  4. Jenis yang keempat merupakan buah naga yang mana dinamakan latin Selenicereus mehgalanthus. Buah ini merupakan salah satu jenis yang memiliki warna kuning dan juga dagingnya memiliki warna putih

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Nutrisi pada buah naga naga sangat banyak. Mulai dari vitamin, protein, serat, dan mineral. Nah jika di pelajari secara sederhana untuk kandungan dalam 100 gr jumlah buah naga, maka berikut ini adalah uraian kandungan gizi dan vitamin dalam buah naga, berikut:

  • Jumlah total Air +- 87 gram
  • Thiamine/Vitamin B1 terkandung sebanyak 0,04 mg
  • Riboflavin/Vitamin B12 terkandung sebanyak 0,05 mg
  • Niasin atau Vitamin B3 terkandung sebanyak 0,16 mg
  • Asam askorbat atau Vitamin C terkandung sebanyak 9,4 mg
  • Protein terkandung sebanyak 1,1 gr
  • Serat terkandungse banyak 0,71 gr
  • Kalsium terkandung sebanyak 134,5 mig
  • Karbohidrat terkandung sebanyak 11,5 gr
  • Fosfor terkandung sebanyak 87 mg
  • Zat besi terkandung sebanyak 0,65 mg

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Sumber : google.com

Buah naga sendiri telah memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, oleh karena itulah, buah naga menjadi sangat popular dikalangan masyarakat. Semakin banyak juga orang menjadikan buah naga sebagai salah satu cara sebagai pengobatan penyakit-penyakit tertentu, dan ternyata memang memberikan hasil yang sangat signifikan.

1. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang mana ditakuti oleh manusia saat ini. Saat ini, penyakit kanker belum diketahui pasti bagaimana cara untuk penyembuhannya, membuat banyak orang sangat berhati-hati dan menjaga kesehatannya untuk tidak terkena kanker. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Selain untuk menangkal sel kanker dalam tubuh buah naga juga bisa menegeluarkan berbagai macam jenis racun yang ditolak oleh tubuh.

2. Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit yang menjangkit manusia. dengan hidup tidak sehat maka akan menyebabkan manusia terserang penyakit yang diakibatkan oleh beberapa zat kimia, nah buah naga adalah solusi terbaiknya.

3. Mendukung Progam Diet

Buah naga adalah salah satu buah yang tinggi protein, tetapi buah naga rendah lemak dan juga karbohidrat. Jadi buah naga bisa menjadi buah yang sangat baik jika anda gunakan untuk melakukan diet sehat. Jika pencernaan anda terasa sulit BAB atapun terjadi masalah maka obat alami yang bisa andalkan adalah buah naga ini.

4. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Manfaat dari buah naga lainnya yaitu sangatlah ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh manusia dikarenakan banyak mengandung vitamin B3 yang sangat tinggi. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

5. Membantu Penyembuhan Batuk dan Juga Asma

Penyakit batuk memang terlihat sepele bagi sebagian orang, namun siapa yang menyangka bagi sebagian orang lainnya bahwa penyakit batuk dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat berat. Khususnya bagi para penderita asma. Manfaat buah naga dapat membantu penyembuhan batuk dan asma yang sering mengganggu pernafasan dengan meringankan efek dari batuk dan asma tersebut. Oleh karena itu, penderita asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

6. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Sel darah merah amat sangatlah dibutuhkan dalam tubuh manusia. Pembentukannya dapat dilakukan dengan cara mendapat bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi. Sehingga konsumsi buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

7. Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat dari buah naga juga dapat memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang menjadi sumber baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat bagi manusia

8. Bermanfaat Sebagai Kesehatan Usus Pada Manusia

Manfaat lainnya dari buah naga adalah dimana ketika anda dapat mengonsumsi banyak makanan, kerja usus pun akan semakin berat. Nah, untuk meringankan kerja usus, maka sangat dibutuhkan bantuan serat. Serat yang tinggi dapat didapatkan dengan mengkonsumsi satu buah naga. Oleh karena itu, buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

9. Membantu Dalam Pembentukan Trombia dan Juga Protrombin

Manfaat dari buah naga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Dimana fosfor dan kalsium yang berperan sangat besar dalam tubuh manusia. Salah satunya manfaatnya adalah sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.

10. Mencegah Serangan Jantung

Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga resiko serangan jantung yang terjadi pada manusia yang mengkonsumsi buah naga sangatlah kecil.

11. Menetralkan Tubuh Dari Racun yang Masuk

Tidak hanya itu saja. Racun racun yang masuk kedalam tubuh anda bisa ditangani dengan buah naga. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

12. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit ketika anda melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara tersebut, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan berantioksidan tinggi. Buah naga merupakan buah dengan antioksidan yang tinggi dan tentunya dapat mencegah penuaan dini.

Demikian ulasan yang dapat kami bawakan dan bagikan untuk mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan anda, selamat mencoba 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu
11 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Anda | Doktersehat | 4.5
/* */