Kumpulan Penyakit

Kenali Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Saat hamil, anda memerlukan konsumsi makanan sehat untuk asupan gizi anda serta janin anda. Sebuah fakta, bahwa anda memerlukan sekitar 300 kalori dimana setara dengan satu buah pisang dan juga semangkok sereal serta susu rendah lemak.

Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dengan berbagai macam makanan yang berbeda. Misalnya asam folat yang berperan dalam menghindarkan cacat bawaan, kalsium dan protein yang membentuk jaringan tubuh dan tulang bayi serta zat besi yang akan membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin anda.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Sumber : google.com

Makanan yang bergizi memang penting bagi ibu hamil, hal tersebut dikarenakan akan sangat mempengaruhi terhadap kesehatan ibu maupun janin sendiri. Makanan untuk ibu hamil pun harus mengandung gizi yang seimbang. Artinya, anda akan mengkonsumsi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari jenis kualitas dan kuantitasnya, maka dari itu meskipun makan banyak namun jenisnya tidak bergizi makan tidak akan membantu kesehatan optimal bagi janin anda.

Selama tiga bulan terakhir pada masa kehamilan atau trimester ketiga, ibu hamil akan membutuhkan 200 kalori per hari, sehingga total kalori yang dibutuhkan sekitar 2.200 kalori per hari. Jenis makanan ibu hamil dianjurkan 10% kalori dan 35% lemak serta 55% karbohidrat lainnya.

Ibu hamil juga diwajibkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B, C serta folat, magnesium dan selenium. Semua nutrisi tersebut terdapat dalam produk segar dan protein. Berikut makanan sehat untuk ibu hamil adalah :

Nutrisi Makanan dan Minuman Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda

makanan sehat untuk ibu hamil muda

makanan sehat untuk ibu hamil muda

1. Air

Dengan konsumsi air akan mencegah bayi lahir dengan keadaan premature, hemoroid, konstipasi. Selama masa kehamilan, anda akan disarankan untuk konsumsi 2,5 liter air dalam sehari. Cairan ini juga didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi atau jus dan susu. Namun, minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi akan menyebabkan hipertensi dan berat badan bagi ibu hamil.

2. Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan kombinasi pola makan yang sempurna dan sehat bagi ibu hamil. Disarankan anda untuk mengkonsumsi 5 porsi sayur serta buah-buahan yang berbeda disetiap harinya guna mendapatkan vitamin, mineral. Sebaiknya konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan memiliki banyak vitamin A, K, C serta asam folat yang mana sangat penting bagi kesehatan mata.

Buah pisang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama dikarenakan dapat mengurangi mual yang biasanya dialami oleh ibu yang hamil muda tiga bulan pertama. Buah pisang merupakan sumber vitamin B6 yang cukup tinggi dan dapat membantu dalam menghilangkan stress yang dialami oleh ibu hamil.

Selain itu, pisang juga mengandung serat dan vitamin C, asam folat. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga baik bagi kesehatan ibu hamil. Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki banyak vitamin C, asam folat, serat dan potasium. Buah tersebut dapat di konsumsi oleh ibu hamil saat matang dikarenakan pepaya yang masih mentah kebanyakan akan mengandung pepsin dalam getahnya dimana akan menyebabkan kontraksi.

Pada kondisi ibu hamil trimester kedua sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi alpukat.. buah alpukat merupakan buah yang memiliki sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan juga vitamin B6. Kaya dengan lemak tak jenuh yang sangat sehat bagi ibu hamil dan juga janin. Alpukat juga mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

3. Daging tanpa lemak, ikan dan juga telur

Makanan dengan kombinasi seperti ini kaya dengan protein yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin sendiri, terutama pada trimester kedua dan ketiga dalam masa kehamilan. Telur sendiri kaya akan kolim dimana akan mendukung perkembangan otak dan tubuh janin serta akan membantu mengurangi resiko cacat tabung saraf.

Sementara ikan yang baik bagi kesehatan adalah ikan salmon. Ikan salmon kaya omega 3 yang baik dalam menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin. Meski demikian untuk menghindari paparan merkuri, anda sebaiknya mengkonsumsi lebih dari 340 gr ikan salmon dalam sehari. Daging tanpa lemak juga merupakan sumber protein tinggi.

Lemak ikan pada ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu jantung dan menguatkan kesehatan pada otak. Mengkonsumsi hingga 12 ons ikan per minggu akan dianggap kondisi aman bagi ibu hamil dalam masa kehamilannya. Makanan yang bergizi untuk ibu hamil juga disertai dengan makanan yang sumber energinya banyak.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan cukup mempunyai andil dalam kebutuhan serat ibu hamil sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid. Kacang-kacangan mengandung kalsium, folat, zat besi dan seng yang sehat bagi janin. Kacang-kacangan sendiri merupakan sumber protein dan serat yang mana akan membantu sembelit. Hampir 40% wanita hamil akan mengalami sembelit dalam masa kehamilannya.

Penyebab sembelit sendiri meliputi tekanan pada rahim yang semakin besar, hormon progesterone yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan juga lemak yang sehat bagi jantung. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan mete. Semuanya memiliki lemak sehat, protein dan juga serat.

5. Makanan sumber karbohidrat

Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak karbohidrat akan baik bagi kesehatan dan pertumbuhan janin. Misalnya gandum utuh yang memiliki nutrisi, serta, vitamin E dan selenium yang sangat baik bagi perkembangan janin. Bahan ini dapat anda temukan dalam oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah.

6. Susu

Susu atau produk olahan susu lainnya seperti yoghurt yang kaya akan kalsium akan membantu dalam pembentukan tulang pada bayi serta dapat menjaga kesehatan tulang sang ibu.

7. Suplemen

Meskipun mengkonsumsi berbagai makanan dengan gizi sehat, anda juga tidak boleh melewatkan nutrisi tertentu. Seperti halnya suplemen vitamin yang dibutuhkan untuk mencukupi kesehatan. Salah satu suplemen yang kemungkinan dibutuhkan bagi ibu hamil adalah TTD (Tablet tambah darah) yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mg asam folat. Namun penggunaan suplemen harus degan resep dokter kandungan anda.

8. Cermat Mempersiapkan Makanan Ibu Hamil

Tidak hanya harus mengkonsumsi makanan gizi begitu saja, yang paling utama dari keseluruhan komponennya adalah anda harus cermat dalam mengolah berbagai makanan yang akan dimakan guna untuk menjaga kualitas dan kesehatan tubuh. Seperti halnya penyimpanan makanan, terutama daging dan makanan yang siap santap ke dalam lemari pendingin/kulkas.

Bersihkan tangan anda ketika ingin memasak dan sebaiknya masak makanan hingga benar-benar matang, sebaiknya anda juga gunakan telenan berbeda untuk memotong daging mentah dengan alasan serupa. Hal tersebut untuk menghindari adanya kontaminasi dalam masakan yang akan dan konsumsi. Disamping itu, kondisi ibu hamil yang mengalami diabetes disarankan untuk berkonsultasi dan mematuhi pantangan serta anjuran yang telah diberikan oleh dokter

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa anda jadikan referensi untuk mencari makanan yang tidak berbahaya dan sehat untuk anda yang sedang hamil, nah terima kasih dan Sampai Jumpa di ulasan selanjutnya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • Makanan banyak serat tapi aman bagi ibu hamil
Kenali Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda | Doktersehat | 4.5
/* */