Kumpulan Penyakit

23 Buah dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat

Makanan Penurun Kolesterol – Makanan dan buah penurun kolesterol merupakan cara alami untuk menurunkan kolesterol dengan cepat dan aman. Nah bagi Anda yang menderita penyakit kolesterol sudah tentu selalu menjaga pola makan yang sehat. Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi buah-buahan yang sebagai penurun kolesterol. Buah-buahan segar merupakan makanan penurun kolesterol secara alami. Prosesnya memang sangat lambat dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual di apotek untuk menurunkan kolesterol. Namun dengan anda mengkonsumsi buah penurun kolesterol dan makanan yang alami akan jauh lebih aman dan tanpa ada efek samping.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan Penurun Kolesterol

sumber : google.com

Berikut daftar makanan dan buah yang menjadi makanan penurun kolesterol :

1. Jeruk Nipis

Manfaat buah Jeruk nipis kaya akan flavoniud yang sudah dikenal sebagai flavones plymethoxylated, antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol khususnya untuk menurunkan kolesterol jahat. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi dimana dapat mencegah kerusakan akibat kolesterol jahat. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis pun akan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler karena dapat menurunkan kolesterol secara keseluruhan. Dari hasil studi, telah menunjukan bahwa hasil menggunakan suplemen vitamin C dalam jumlah 100 hingga 1000 mg/hari.

2. Jambu Biji

Manfaat buah Jambu sebagai makanan penurun kolesterol yang baik karena jambu biji mengandung vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen dan juga selenium. Semua kandungan dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan flavonoid sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jus jambu selama 2 bulan akan menurunkan kolesterol hingga 53% dari 83% kolesterol jahat.

3. Buah Anggur

Manfaat buah Buah angur juga dipercaya sebagai makanan penurun kolesterol dikarenakan mengandung zat yang aktif yaitu senyawa gflavonoid. Senyawa tersebut juga dapat mencegah penggumpalan darah dan dapat menangani kerusakan akibat radikal bebas. Anggur mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin dimana dapat menurunkan kolesterol jahat.

4. Buah Delima

Manfaat buah delima Tidak hanya menurunkan kolesterol saja, buah delima juga mengandung zat yang dapat menghilangkan plak aliran darah sebagai akibat kolesterol darah. Fungsi ini didapat dari kandungan oksida nitrat yang ada pada buah delima. Kandungan antioksidan pada delima juga tiga kali lipat lebih banyak bila di banding anggur merah.

5. Buah Mangga

Manfaat buah Mangga merupakan salah satu sumber vitamin C dimana dapat mencegah kolesterol jahat. Buah mangga juga merupakan makanan kaya serat dimana dapat mengurangi masuknya kolesterol kedalam aliran darah pada tahap pencernaan.

6. Buah Berry

Manfaat buah berry Jenis buah ini kaya akan pterostilbene yang memiliki manfaat sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri.

7. Alpukat

Manfaat buah  Alpukat Ada yang menanggapi bahwa buah alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehingga banyak yang menghindari takutnya gemuk. Padahal alpukat merupakan lemak tidak jenuh tunggal yang mana akan sangat menyehatkan. Lemak dalam buah alpukat dapat membantu  meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Buah alpukat mengandung beta-sitosterol yang sehat.

8. Buah Zaitun

Manfaat buah Buah zaitun mengandung zat antioksidan yang dapat bermanfaat menurunkan kolesterol dalam darah tetapi tidak dapat mengurangi kadar kolesterol baik pada tubuh, buah zaitun mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal dan juga vitamin E yang dapat meningkatkan kolesterol baik.

9. Jeruk Lemon

Manfaat buah Jeruk lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi serta dapat mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang dapat memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Dalam buah lemon juga mengandung antioksidan yang mana mengurangi kolesterol jahat.

10. Tomat

Manfaat Buah tomat terkenal memiliki banyak kandungan likopen yang dapat berperan menurunkan kadar kolesterol jahat. Tomat sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi yang masih segar atau dapat dibuat jus atau juga di konsumsi dalam bentuk sirup tomat.

11. Semangka

Manfaat buah semangka dan Anda tentu sudah sering mengkonsumsi semangka bukan? Buah semangka dapat menghilangkan dahaga juga sebagai penurun kolesterol. Likopen yang terkandung dalam buah semangka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

12. Apel

Manfaat buah Apel untuk buah yang satu ini memang terkenal sangat menyehatkan. Buah apel merupakan buah penurun kolesterol karena kandungan zat beta-glucan yang mengontrol produksi kolesterol. Apel sebagai sumber serat larut yang mencegah arteri mengeras dan melindungi tubuh.

13. Buah Pir

Manfaat Buah pir merupakan sumber serat larut yang memiliki kandungan sangat tinggi. Buah yang dapat mengontrol dan penurun kolesterol yang sering dikosumsi sebagian orang.

14. Pisang

Manfaat Buah pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan yang mana dapat membantu dalam mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, kalium yang terdapat pada buang pisang dapat juga membantu menurunkan tekanan darah.

15. Strowberry

Manfaat buah Strowberry dengan mengkonsumsi buah strawberry juga tidak saja enak namun antioksidan yang terkandung dalam buah strawberry dapat menurunkan kadar kolesterol. Hasil riset di sebuah Universitas Politecnica Delle Marche, bahwa dengan mengkonsumsi strawberry akan mengurangi jumlah total kolesterol dalam tubuh. Hal ini dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

16. Minyak Ikan

American heart Association merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi minyak ikan. Sebab minyak ikan kaya akan lemak omega 3 dimana memberi pengaruh positif pada penderita jantung koroner dan penurun kolesterol jahat.

17. Kacang Pohon

Kacang-kacangan mengandung lemak jenuh seperti almond, walnuts. Kandungan ini baik untuk dikonsumsi bagi anda yang menderita kolesterol. Hasil riset yang dikutip dari Medline mengatakan bahwa kacang pohon akan membantu dalam menurunkan kolesterol jahat 3-19% lebih tinggi di banding diet westrern dan rendah lemak.

18. Kelabat

Kelabat merupakan jenis herba yang biasa digunakan untuk keperluan obat maupun rempah bahan makanan. Dikutip dari CNN Health, bahwa riset dari tahun 1990 telah membuktikan variasi aneka resep kelabat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat daman beberapa kasus.

19. Kunyit

Ternyata rempah kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol lebih dari sekedar pewarna makanan. Ekstrak rempah kunyit juga mencegah pembekuan akibat penumpukan kadar kolesterol tinggi.

20. Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis Tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, rempah yang satu ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol secara total di dalam tubuh. Dengan cara mengkonsumsi setengah sendok kayu manis sehari saja sudah juga dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

21. Cokelat

Makanan tinggi akan antioksidan ini dapat meningkatkan kadar HDI sebesar 24% dalam rentang 12 bulan. Mengkonsumsi satu cokelat akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang diterbitkan Journal of Hepatologi tahun 2010, antioksidan dalam cokelat mampu mengurangi kerusakan yang terjadi  pada pembuluh darah.

22. Ikan Salmon

Anda pasti sangat menyukai makanan ini. Bukan ikan mujaer, nila atau bandeng ya. Akan tetapi ikan salmon yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4% dikarenakan salmon memiliki asam lemak omega-3 yang juga dapat membantu mempertahankan kondisi kesehatan jantung anda.

23. Sayur Bayam

Sayuran penurun kolesterol adalah bayam dengan gemar mengkonsumsi sayuran? Nah sayuran kesukaan Popeye ini mengandung lutein dan sekitar 13 senyawa flavonoid yang mana menjauhkan anda dari kanker dan osteoporosis. Juga sepiring bayam setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan mengenai  cara menurunkan kolesterol dengan makanan dan buah alami dengan cepat tanpa harus takut adanya efek samping yang ditimbulkan dengan adanya obat kimia yang banyak efek sampingnya. Bagaimana  siap hidup sehat dengan bahan alami yang disediakan oleh alam. Semoga lekas sembuh 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah penurun kolesterol
  • makanan untuk menurunkan kolestrol
  • Makanan penurun kolesterol
  • buah untuk kolesterol
  • penurun kolesterol alami
  • buah penurun kolesterol paling cepat
  • buah penurun kolesterol paling ampuh
  • penurun kolesterol
  • makanan p
  • penurun kolesterol tinggi
  • buah utk kolesterol
  • buah untuk penyakit kolestrol
  • penurun kolestrol dengan cepat
  • buah untuk kolestrol tinggi
  • buah untuk menuru
23 Buah dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat | Doktersehat | 4.5
/* */