Kumpulan Penyakit

Kenali Tanda Awal Kelahiran Prematur Dan Cara Mencegahnya

Kelahiran Prematur

Sumber : google.com

Tanda awal kelahiran prematur – Mengenali tanda awal kelahiran prematur di awal kehamilan mencegah risiko berbahaya. Ibu hamil berpotensi mengalami lahir prematur meski telah mendapat perawatan hati-hati, jadi ketahui indikasi kelahiran prenatal pada ibu hamil, penyebab kelahiran prematur, cara mengatasi kelahiran prematur, Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan ini, kami disini dengan senang hati akan memberikan informasi yang berguna, yang rinci tentang masalah kelahiran prematur kepada Ibu hamil!

Melewati dua kuartal pertama, tidak semua wanita hamil dapat menarik napas lega, karena mereka masih menghadapi banyak kekhawatiran pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Selain kekhawatiran tentang bagaimana persalinan akan terjadi, apakah persalinan normal atau kelahiran caesar, dll, juga merupakan obsesi premonition sebelum janin berumur 38 minggu. Karena kelahiran prematur tidak hanya berpotensi menimbulkan risiko pada ibu, namun juga secara serius mempengaruhi kesehatan bayi nantinya, depresi pernafasan, keterlambatan perkembangan saraf, penyakit paru kronis terutama pada saat lahir. dianggap sebagai penyebab utama kematian neonatal. Oleh karena itu, pemahaman yang jelas tentang persalinan prematur pada trimester ketiga kehamilan akan membantu wanita menghindari kemungkinan risiko.

Penyebab Kelahiran Bayi Prematur

Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 476.000 bayi lahir prematur. Jumlah ini di Inggris adalah 50.000 anak per tahun dan di Prancis, prevalensi prematur menyumbang sekitar 7%. Karena itu, cari tahu alasan mengapa kondisi ini perlu diketahui dan memiliki batasan yang lebih baik.

  • Penyakit dari ibu – Meskipun sampai 50% kelahiran prematur tidak mengidentifikasi penyebabnya, namun dengan 50% penyebab yang tersisa dapat dikenali, gusi juga dapat memahami alasan untuk situasi tak terduga ini. Di dalamnya, termasuk penyakit pada tubuh seperti ibu dengan fibroid, hepatitis B, nefritis, demam, rubella, penyakit jantung, diabetes, anemia berat, hipertiroidisme, ibu kekurangan berat, infeksi saluran reproduksi, kehamilan multipel, infeksi amniococcal, preeklampsia dll.
  • Kekurangan vitamin B9 – Sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis menemukan bahwa suplementasi dengan vitamin B9 sebelum 1 tahun kehamilan akan mengurangi risiko kelahiran prematur sebesar 50%. Oleh karena itu, saat memantau 35.000 wanita yang tidak mengkonsumsi vitamin B9 sebelum hamil selama sekitar satu tahun, terlihat bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen vitamin mengalami penurunan risiko keguguran selama periode 20 minggu. sampai 28 minggu dan penurunan 50% risiko kelahiran prematur pada 28 – 32 minggu.
  • Kelainan bentuk pada rahim – Mesothelioma uterus adalah salah satu penyebab paling umum kesehatan janin yang berisiko melahirkan prematur lebih dari 38 minggu, termasuk kelainan uterus, kelainan rahim, rahim rahim yang umum terjadi pada wanita hamil. riwayat kelahiran prematur atau lebih dari satu aborsi setelah usia 3 bulan, serviks pendek dll.
  • Ibu sangat stres – Kecemasan, kegelisahan, dan kemarahan yang sering terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan tubuh melepaskan terlalu banyak hormon adrenal, menghasilkan zat berbahaya ke sistem saraf yang menyebabkan kelahiran prematur. Bahkan sebuah studi baru-baru ini terhadap 1 juta wanita hamil di Denmark menemukan bahwa ibu yang menderita stres enam bulan sebelum kehamilan memiliki risiko kelahiran prematur yang lebih tinggi. sampai 59% persalinan dini saat janin berusia kurang dari 33 minggu, karena hormon stres mempengaruhi rahim wanita hamil.
  • Proses kalsifikasi, penumpukan kalsium pada membran janin – Universitas Yale telah membuat terobosan penting dalam menjelaskan misteri persalinan prematur, penyebab utama kematian dan cacat tetap pada bayi baru lahir. Peneliti utama Lydia Shook mengatakan: “Cairan amnion berpotensi membentuk nanopartikel dan endapan kalsium, yang menyebabkan kalsifikasi dan pengapuran pada membran janin, memecahkan membran cairan ketuban pada ibu yang melahirkan prematur.”
  • Efek musim di tahun ini – Para ilmuwan di University of Pittsburgh (A.S.) telah menerbitkan hasil prenatal yang mengejutkan karena efek musiman pada 8 Juli lalu. Dengan menganalisis data dari 75.399 wanita di AS selama 10 tahun (1995-2005), tim tersebut mengkonfirmasi bahwa kelahiran prematur paling umum terjadi pada wanita yang dikandung pada musim semi (9,2% 2,7% kelahiran sebelum usia kehamilan 32 minggu), dan yang paling umum di musim panas (8,4% sebelum kehamilan prematur 37 minggu, 2% sebelum kelahiran hamil selama 32 minggu). Penyebabnya diduga terkait dengan alergen, infeksi virus musiman, kombinasi perubahan pola makan, paparan sinar matahari, dll.
  • Penyebab lainnya – Selain alasan yang disebutkan, kelahiran prematur disebabkan oleh banyak alasan lain seperti berat lahir rendah, kurang gizi, kehamilan multipel, cairan ketuban rendah, kehamilan dini (di bawah 18 tahun) atau kehamilan 40 tahun atau lebih. Selain itu, waktu kerja ibu lebih dari 42 jam per minggu, pekerjaan harus berdiri lebih dari 6 jam / hari, kerja paksa, hubungan seks. Terlalu banyak momentum, karena perubahan iklim, kehamilan yang tidak aman, dll.

Tanda Awal kelahiran prematur

Untuk mengetahui apakah Anda berada dalam kelompok risiko awal, ibu harus mengacu pada tanda-tanda isyarat berikut:

  1. Wanita hamil berusia di bawah 37 minggu yang telah menekan kontraksi rahim. Kurang dari satu jam. Kontraksi berlangsung secara teratur, setiap 5-10 menit, berlangsung 30 detik. Pada pemeriksaan vagina, dokter melihat serviks terbuka lebih dari 2,5 cm dan terhapus lebih dari 3/4 … Pada saat bersamaan, vagina bisa berdarah, amniotomi dini, sakit punggung, kram dll.
  2. Jika ada tanda-tanda, ibu hamil harus segera dibawa ke rumah sakit, apalagi saat air mata robek, risikonya sangat tinggi hulu, ibu dan bayi muda akan sangat rentan. . Biasanya, dokter merawat dengan menempatkan wanita hamil di sisi kiri untuk meningkatkan aliran darah ke rahim, membutuhkan istirahat mutlak untuk menghindari risiko relaksasi rahim; Injeksi intravena larutan garam seimbang 500-1000 mg untuk memperbaiki volume darah, mengurangi aktivitas rahim; Pemeriksaan kesehatan yang komprehensif, pemeriksaan rektum vagina, kontraksi serviks yang baik .. sebelum operasi (jika perlu).
  3. Jika selaput ketuban pecah, persalinan tidak dapat dihindari dan dokter mungkin perlu menggunakan induser. Jika terjadi penundaan, wanita hamil akan diberi tenaga kerja tertunda untuk membantu paru-paru bayi dengan cukup waktu untuk membangun cukup steroid agar matang. Memiliki banyak istirahat meningkatkan efisiensi memperbaiki aliran darah ke rahim, yang membantu bayi mendapatkan cukup oksigen, sekaligus mendapat nutrisi dari ibu.
  4. Pada saat yang sama, ibu perlu tinggal di rumah sakit sehingga dokter melihat tanda-tanda infeksi pada kasus pecahnya membran awal serta status janin. Hal ini memastikan bahwa bayi segera diberi perawatan segera setelah dia lahir.

Tips untuk Mengurangi Resiko Kelahiran Prematur

  1. Singkirkan kebiasaan buruk

Merokok, konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan narkoba adalah penyebab utama kelahiran prematur. Jadi sebelum hamil dan dalam proses pemusnahan, ibu perlu menyingkirkan kebiasaan buruk ini.

  1. Kontrol berat badan

Terlalu cepat dan terlalu banyak kenaikan berat badan selama kehamilan juga merupakan penyebab utama diabetes dan preeklampsia, yang semuanya meningkatkan risiko persalinan prematur. Terlalu sedikit kenaikan berat badan menyebabkan ibu berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. Oleh karena itu, kenaikan berat badan yang tepat sangat penting. Ibu harus meningkat dari 11-16 kg selama kehamilan. Namun, jika Anda terlalu kurus atau terlalu gemuk sebelum pemilihan, penambahan berat badan berbeda. Anda bisa merujuk pada kenaikan berat badan standar pada kehamilan untuk setiap orang di sini!

  1. Suplemen vitamin

Hanya satu multivitamin setiap hari yang akan membantu ibu tidak hanya memperbaiki kesehatan secara keseluruhan tetapi juga memperbaiki tingkat kelahiran prematur. Vitamin sintetis sangat penting bagi ibu makan yang buruk.

  1. Diet

Diet seimbang penting bagi ibu dan bayi untuk membantu mereka mendapatkan cukup nutrisi dan membantu mencegah kelahiran prematur. Ibu perlu melengkapi asam lemak omega-3 (ditemukan pada salmon, telur, kenari dan biji rami); vitamin A (dalam wortel, aprikot dan brokoli); Vitamin C (ditemukan di jeruk, stroberi, paprika) dan vitamin E (ditemukan pada kacang-kacangan, ubi jalar dan mangga).

Selain itu, ibu hamil juga perlu memberi tambahan kalsium (pada susu dan produk susu atau jus lainnya); Magnesium (ditemukan dalam kacang-kacangan, tahu, yoghurt, aprikot kering, pisang dan biji wijen); Besi (ditemukan dalam daging sapi, buah kering dan produk kedelai); Seng (ditemukan di ayam, daging babi, daging sapi, oatmeal, jagung, tiram dan telur). Yang terpenting, wanita perlu mendapatkan cukup asam folat (ditemukan dalam produk sereal, pisang, jeruk dan sayuran berdaun hijau gelap).

  1. Makan secara teratur

Pemberian nutrisi melalui diet sehari-hari sangat penting bagi ibu hamil. Jadi para ahli selalu menyarankan ibu untuk makan lima kali sehari (tiga kali makan dan dua kudapan) daripada hanya makan tiga kali sehari. Makan makanan kecil di siang hari akan membantu ibu mengurangi morning sickness dan mengurangi risiko persalinan prematur.

  1. Minum banyak air

Mengambil 8 gelas (sekitar 2,5 liter air) sehari akan membuat tubuh Anda terhidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan kontraksi awal. Jika Anda memilih berolahraga atau cuaca panas, Anda harus minum lebih banyak air.

  1. Periksa gigi Anda dan gusi

Perawatan gigi berkala adalah cara untuk mencegah kelahiran prematur. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ibu hamil dengan penyakit mulut lebih rentan terhadap kelahiran prematur. Oleh karena itu, gusi glaze perlu diingat untuk menyikat gigi, benang gigi dan pemeriksaan gigi reguler.

  1. Sering buang air kecil

Bila ada tanda kelainan pada kencing, ibu harus memeriksanya karena dalam waktu lama akan mudah terkena sistitis. Bila sistitis akan merangsang rahim dan menyebabkan kontraksi. Selain itu, puasa juga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih – penyebab utama kontraksi.

  1. Hati-hati bila ada resiko

Wanita yang memiliki vaginosis bakteri memiliki risiko persalinan prematur yang sangat tinggi. Jadi jika Anda sakit bicara dengan ginekolog untuk mendapatkan antibiotik untuk membantu mengurangi risiko persalinan prematur. Jika Anda pernah mengalami keguguran atau kelahiran prematur, bicarakan dengan dokter Anda untuk perawatan terbaik

Ibu hamil, setelah membaca artikel diatas, menunjukkan cara terbaik untuk menghindari risiko kelahiran prematur, dan tidak ada keraguan dan diperlukan lebih banyak informasi bermanfaat selama kehamilan. Semoga ibu sehat dan nyaman untuk memiliki kondisi terbaik selama kehamilan dan kami selalu menemani Anda untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang perawatan kesehatan ibu dan bayi secara online.

Kenali Tanda Awal Kelahiran Prematur Dan Cara Mencegahnya | admin Kesehatan | 4.5
/* */