Kumpulan Penyakit

8 Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita Sangat Serius

Kanker Serviks

Kanker Serviks

Apa Penyebab Kanker Serviks ?

Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita – Merupakan Tumor Ganas yang tumbuh dan menempel didalam leher rahim seorang perempuan. Leher rahim adalah pintu masuk yang menuju kedalam rahim dari vagina perempuan. Semua perempuan memiliki resiko yang tinggi untuk terkena kanker serviks. Penyakit ini sering terjadi pada wanita yang masih melakukan hubungan intim.

Ada juga yang berpendapat bahwa kanker serviks merupakan suatu gangguan pertumbuhan sel dan merupakan kelompok dari penyakit yang menyebabkan gagalnya jaringan serviks untuk berkembang.

Bagaimana kanker serviks dapat timbul dan menempel pada leher rahim seorang perempuan??

Kanker Serviks terjadi karena sel – sel serviks yang tidak normal kemudian membelah diri secara tidak terkendali.

Akibat dari perubahan sel – sel yang tidak normal maka akan membentuk suatu benjolan atau dalam dunia medis disebut Tumor.

Macam Macam Tumor

perbedaan tumor jinakdan ganas

perbedaan tumor jinak dan ganas

Tumor Jinak

Tumor jinak adalah suatu benjolan yang tidak berbahaya dalam tubuh kita karena tidak terjadi pembelahan sel – sel pada tumor tersebut

Tumor Ganas

Tumor Ganas adalah Kanker kenapa demikian?

Karena sebenarnya benjolan yang muncul diseluruh tubuh dapat kita sebut Tumor, dari tumor jinak tersebut akan bisa menyebabkan menjadi Tumor ganas dan tumor ganas itulah yang akan menjadi kanker, seperti yang sudah saya jelaskan pada kalimat diatas.

Setelah penjelasan sedikit apa itu tumor mari kita lanjutkan bagaimana menurut WHO tentang kanker serviks di Indonesia.

 Menurut WHO ( World Heath Organization)

Pada 1 tahun yang lalu, WHO mengungkapkan bahwa ada sekitar 90 ribu kasus kematian prempuan indonesia akibat dari kanker. Dan prosentase tertinggi diduduki oleh kanker serviks yaitu sekitar 9% dan banyak gejala kanker serviks dari semua jenis kanker yang menyebabkan kematian perempuan. Dan baru-baru ini ada sekitar 15rb perempuan meninggal dunia akibat kanker serviks.

Kenapa bisa demikian?

Karena kanker terjadi keterlambatan diagnosa yang dilakukan. Sehingga kondisi tersebut memperparah kanker serviks yang tidak segera ditangani. Dan juga tingkat keparahan dari kanker serviks tersebut karena oleh penderita itu sendiri yang tidak rajin mengontrol kesehatannya dan juga tidak hanya itu kadang bisa saja penderita yang kurang tahu apa itu kanker sevriks.

Penyebab dari Kanker serviks ialah adanya suatu virus HPV, apa itu HPV? mari kita simak ulasan berikut:

HPV( Human Papiloma Virus)

HPV merupakan virus yang menyerang pada bagian genetalia (alat kelamin) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Tipe yang sangat berbahaya adalah HPV Tipe 16 dan 18. Masih ada penyebab yang mendukung terjadinya kanker serviks.

Apa saja penyebab lain dari Kanker serviks

Baca juga:

1. Suami yang sudah terjangit virus HPV (Suami yang suka jajan)

 Karena suami merupakan hal pertama yang bisa menyebabkan

2. Merokok

Kenapa merokok bisa menjadi penyebabnya?

Karena seorang perempuan perokok mempunyai konsentrasi nikotin atau jumlah nikotin pada cairan serviks 56 kali lebih tinggi dibandingkan dalam serum, efek dari bahan tersebut mengakibatkan penurunan status antibodi dalam sehingga dapat menjadi kokarsinogen infeksi virus

3. Hubungan seksual pertama yang dilakukan pada usia dini ( kurang dari 18 tahun)

4. Berganti – ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual

5. Pemakaian DES ( diethilstilbestrol) yang digunakan untuk menggugurkan kandungan

6. PIL KB kontrasepsi yang diminum dalam jangka panjang lebih dari lima tahun dapat meningkatkan resiko 1,53 kali. WHO melaporkan bahwa pil KB dan terjadi peningkatan sesuai lamanya konsumsi.

7. Infeksi Virus Herpes pada alat kelamin

8. Karena ekonomi rendah

Komplikasi akibat dari kanker serviks

kanker-serviks

kanker serviks

Komplikasi yang sering terjadi pada perempuan yang menderita kanker serviks adalah dari akibat langsung yang ditimbulkan oleh kanker setelah merusak sel – sel yang lain atau bisa juga dikarenakan akibat dari pegobatan kanker serviks krena pengobatan dari kanker serviks menggunakan bahan yang sangat berbahaya bahkan terkena tangan saja akan melepuh apalagi yang langsung di masukan kedalam tubuh untuk membunuh sel kanker tersebut.

Yang bisa dilihat secara langsung efek tersebut adalah gundul atau botak karena sel – sel pada rambut sangat rentan pada cairan kemoterapi yang dimasukkan kedalam tubuh. Termasuk diantaranya terjadi menopuse pada usia yang dini.

Tingkat Stadium Menentukan Pengobatan Kanker Serviks

Ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada kanker serviks. Tergantung dari beberapa faktor yang ada, yang pertama adalah jika seorang penderita kanker serviks tahu dan cepat memeriksakan penyakit yang dideritanya maka harapan hidupnya akan lebih tinggi bisa dengan obat – obatan atau yang lain.

Dan bisa juga menggunakan terapi yang lainnya yaitu kemoterapi, kemoterapi merupakan penanganan yang dilakukan ada penderita kanker serviks dengan cara dimasukan cairan kedalam tubuh yang dapat membantu untuk memperlambat kinerja dari sel kanker yang gila tersebut tetapi ada resikonya, dan resikonya sel – sel yang lain juga akan mendapat efek dari pemberian cairan kemoterapi tersebut. Atau juga bisa dengan mengguanakan sinar X atau Radioterapi yang menggunakan sinar untuk membunuh sel – sel kanker.

Harapan Hidup Dari Penderita Kanker Serviks

harapan hidup penderita kanker serviks

harapan hidup penderita kanker serviks

Harapan hidup disini bukan mendahului apa yang dikehendakkan Tuhan tetapi rata – rata penderita kanker mempunyai harapan hidup yang lebih rendah dari kebanyakan manusia lainnynya. Stadium dari Kanker Serviks ada satu sampai empat, karena adanya proses dari penyebaran yang dilakukan oleh sel kanker tersebut.

Angka harapan hidup yang dikemukakan dalam dunia medis adalah lima sampai enam tahun setelah dilakukan diagnosa pada kanker serviks maka dikelompokkan dalam rating stadium yaitu:

  • Stadium awal ( 80 – 90 persen)
  • Stadium kedua( 60 – 80 persen)
  • Stadium ketiga ( 30 – 50 persen)
  • Stadium keempat ( 10 – 30 persen

Semua penjelasan tentang Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita yang telah mengulas cukup banyak hal mengenai kanker serviks yang terjadi pada seorang perempuan. Semoga dapat membantu dalam mencari informasi dan lekas Sembuh. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

8 Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita Sangat Serius | admin Kesehatan | 4.5
/* */