Kumpulan Penyakit

10 Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi – Ketika bayi atau anak anda terserang demam, maka pastinya sebagai orang tua kita sering merasa panik. Pada kondisi anak sedang demam, bahkan kita sering merasa khawatir jika serangan penyakit epilepsi. Maka berbagai macam cara pun dilakukan orang tua agar suhu tubuh anak kita bisa kembali normal, baik dengan cara menkompres atau dengan segera membawa anak ke dokter.

Perlu anda semua ketahui bahwa ternyata demam pada bayi atau anak itu merupakan kondisi yang wajar dan normal terjadi, karena bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh mereka sedang bereaksi untuk melawan suatu infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Demam juga bisa menjadi sebuah tanda jika telah terjadi suatu infeksi pada tubuh mereka, misalnya saja seperti gejala batuk, pilek, radang tenggorokan, sariawan, diare dan bisa juga terjadi infeksi pada saluran pencernaan maupun pada saluran pernafasannya.

Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi

Suhu Normal Pada Tubuh Bayi

Berdasarkan pengecekan dengan alat temperatur suhu, suhu tubuh yang normal berada pada angka 36-38 derajat Celcius, bisa dikatakan demam pada bayi atau anak jika suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat Celcius yang bisanya sering disertai dengan tubuh menggigil.

Suhu tubuh bayi sejak usia 0 sampai 3 bulan memiliki suhu tubuh rata-rata sekitar 37.4 derajat Celcius, ketika usianya menginjak 1 tahun suhu tubuh normalnya rata-rata 37.6 derajat Celcius.

Penyebab Demam Pada Bayi

Bayi yang demam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Terkena infeksi virus yang disertai dengan gejala flu, pilek, batuk, diare dan gejala lainnya. Bahkan terkadang infeksi tersebut dapat disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius.
  • Infeksi Bakteri yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit pneumonia, bronkhitis, meningtis, infeksi saluran kencing, infeksi telinga dan gangguan kesehatan lainnya. Frekuensi terhadap demam yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri sangat jarang terjadi jika dibandingkan dengan infeksi yang disebabkan oleh virus.
  • Terkadang bayi akan mengalami demam setelah dilakukan imunisasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya atau bisa juga terjadi pada saat bayi tumbuh gigi.

Gejala Demam Yang Umum Terjadi Pada Bayi

Berikut ini beberapa gejala yang umum terjadi pada bayi ketika terserang demam, diantaranya yaitu :

  1. Suhu tubuh meningkat diatas 37 derajat Celcius
  2. Tubuh mengalami dehidrasi
  3. Tubuh menggigil kedinginan
  4. Terkadang akan disertai dengan kejang-kejang jika suhu tubuh sangat tinggi
  5. Terjadi penurunan nafsu makan
  6. Kulit wajah menjadi kemerahan
  7. Terkadang anak yang terserang demam akan disertai dengan muntah, diare, sering gelisah, muncul ruam di kulit dan sesak napas.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Ketika bayi anda terserang demam, maka anda jangan terlalu panik, sebagai penanganan pertama dirumah, anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini sebelum membawanya ke dokter. Yaitu :

  1. Berikan ASI Sesering Mungkin

Memberikan ASI secara sering dapat membantu memberikan cairan tubuh dalam jumlah cukup, sehingga tubuh bayi dapat terhindar dari resiko dehidrasi. Jika bayi anda sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, maka anda bisa juga memberinya minum air putih, sari buah atau makanan berbentuk cairan.

  1. Rajin Mengontrol Suhu Tubuh Bayi

Ketika bayi terserang demam tinggi, pastikan anda rutin melakukan pengcekan pada suhu tubuh bayi dengan menggunakan termometer. Jika bayi anda berusia 0-3 bulan, maka anda bisa memakai alat termometer yang digunakan pada anus. Untuk bayi usia 3-4 bulan sebaiknya gunakan termometer yang digunakan melalui mulut, sedangkan untuk bayi berusia 4 bulan ke atas bisa menggunakan termometer yang digunakan melalui mulut. Hindari kebiasaan menebak-nebak suhu tubuh bayi hanya dengan menggunakan tangan, sebaiknya gunakan termometer untuk hasil yang lebih akurat.

  1. Hindari Memakaikan Baju Hangat Atau Selimut Pada Bayi Ketika Demam

Ketika bayi sedang demam, jangan pakaikan pakaian yang tepat seperti baju hangat atau selimut. Cukup kenakan pakaian tipis saja, cara ini bertujuan untuk mencegah overheating atau suhu panas pada tubuh yang berlebih. Selain itu, dengan mengenakan pakaian tipis bayi akan lebih bebas bergerak dan cara ini dapat membantu resiko bayi mengalami kejang atau bahkan resiko penyakit epilepsi.

  1. Rutin Mengganti Pakaian Bayi

Ketika bayi terserang demam, maka sebaiknya ganti pakaian bayi anda lebih sering agar bayi merasa nyaman. Kenakanan pakaian bayi berbahan katun, karena bahan katun dapat meresap suhu panas dan keringan dengan baik.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Ketika bayi terserang demam, anda bisa mengkompres tubuh bayi dengan air hangat. jangan gunakan air dingin atau alkohol untuk mengkompres panas bayi, karena cara tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah bawah kulit bayi anda sehingga dapat menyebabkan suhu panas terperangkap pada bagian tubuh yang paling dalam. Selain itu, jika anda mengkompres panas tubuh anak dengan menggunakan alkohol, maka dapat menyebabkan tubuh bayi mengalami keracunan akibat kandungan alkohol yang terserap ke dalam kulit.

  1. Memberikan Sup Kaldu Ayam Hangat

Ketika bayi anda terserang demam, anda bisa memberikan bayi makan dengan sup kaldu ayam hangat. cara ini dapat membantu menurunkan panas tubuh anak dan sekaligus mencegah tubuh anak mengalami dehidrasi.

  1. Usahakan Bayi Beristirahan Dengan Cukup

Buatlah suasana rumah senyaman dan setenang mungkin agar bayi anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman, karena dengan istirahat cukup dapat membantu menurunkan demam pada bayi.

  1. Usahakan Suhu Kamar Tetap Sejuk

Usahakan agar suhu di dalam kamar tempat istirahat bayi tetap sejuk, anda bisa membuka jendela kamar agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap lancar tetapi hindari penggunaan AC dan kipas angin.

  1. Lakukan Terapi Dekapan Ibu

Dengan dilakukannya terapi dekapan ibu dapat membuat bayi merasa lebih nyaman dan tenang, anda bisa mendekap bayi sambil memberikan bayi ASI atau susu formula dalam jumlah cukup.

  1. Berikan Obat Penurun Panas Khusus Bayi

Pemberia obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen dapat membantu menurunkan demam pada bayi dan anak. Tetapi untuk bayi dibawah 1 tahun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dalam pemberian obat penurun demam atau panas tersebut.

Perhatian :

Segera bawa bayi anda ke dokter / Bidan terdekat, jika :

  • Suhu tubuh bayi usia 3 bulan diatas 38 derajat Celcius
  • Suhu tubuh bayi usia 6 bulan diatas 39 derajat Celcius
  • Bayi usia 6 bulan terserang demam tinggi dan disertai dengan sering muntah, sesak napas, muncul ruam pada kulit dan kejang-kejang.
  • Demam pada bayi berlangsung lebih dari 3 hari
  • Bayi tidak mau minum ASI atau susu formula
  • Bayi rewel dan menangis terus menerus
  • Badan bayi tampak lemas

Jika beberapa gejala tersebut terjadi pada bayi anda, maka segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada ulasan kesehatan kali ini mengenai cara mengatasi demam pada bayi, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • 10 cara menghilangkan jerawat secara alami dan mudah
  • cara menurunkan pnas pada bayi
  • cara menuryn cara menurunkan panas pada bayi
  • caraa menurunkan pans pd bayi
  • caramenurunnatuk dan demam pada bayi secara henral
  • menurunkan demam pada bayi
10 Cara Menurunkan Panas Demam Pada Bayi | admin Kesehatan | 4.5
/* */