Kumpulan Penyakit

7 Cara Mudah Menjaga dan Melindungi Kesehatan Payudara

Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Payudara | Sebagai seorang wanita khususnya, diharuskan memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat kesehatan payudara yang benar. Agar gangguan atau penyakit yang berpotensi menyerang payudara dapat dicegah kedatangannya. Payudara merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh para wanita, bahkan payudara juga bisa disebut sebagai organ vital yang harus benar-benar dijaga dan dilindungi dengan baik dan semaksimal mungkin. Payudara wanita tidak hanya akan memberi pengaruh terhadap penampilan saja, akan tetapi dari payudara inilah kelak yang akan menjadi hal terpenting bagi sang buah hati. Karena setiap wanita pasti akan memiliki anak dan harus menyusui anaknya.

Apabila payudara yang anda miliki terkena gangguan penyakit tentunya tidak akan bisa untuk memberikan fungsinya dengan baik, sehingga sebisa mungkin harus selalu mendapat perhatian yang lebih. Ada beberapa macam penyakit yang dapat menyerang payudara ini, salah satunya adalah penyakit kanker payudara. Penyakit kanker payudara menjadi penyakit pembunuh yang paling banyak Ditakuti oleh para wanita. Karena itulah mulai dari sekarang cobalah untuk melindungi payudara kita, sebelum penyakit berbahaya datang menyerangnya.

Bagaimana cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari penyakit berbahaya, mari simak informasinya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Payudara.

  1. Melepas Bra Disaat Tidur.

Adakalanya payudara merasa lelah karena terus mendapatkan tekanan oleh bra yang kita pakai. Maka dari itu cobalah untuk mengistirahatkan payudara kita di saat malam hari ketika tidur dengan melepas bra yang kita gunakan. Banyak wanita yang belum mengetahui manfaat dari tidur tidak memakai bra, dan juga bahaya tidur menggunakan bra. Sehingga seringkali masih banyak para wanita yang tidur dengan selalu memakai branya. Sebaiknya jika hendak tidur lepaskan bra agar payudara dapat lebih leluasa bernapas dan hal ini juga bermanfaat untuk melancarakan aliran darah yang akan menuju ke payudara. Jika aliran darah lancar, maka payudara akan jauh lebih sehat dan terbebas dari ganguan ataupun penyakit.

  1. Konsumsilah Makanan Bergizi.

Untuk menjaga dan melindungi payudara dari gangguan dan penyakit, maka sangat penting untuk selalu menjaga asupan makanan kita sehari-hari. Penuhilah kebutuhan gizi setiap harinya, dan sebisa mungkin hentikan pemakaian penyedap rasa di saat sedang mengolah masakan. Karena di dalam penyedap rasa ada kandungan yang tidak baik untuk kesehatan payudara dan juga kesehatan tubuh. Konsumsilah buah-buahan dan juga sayuran terutama yang banyak mengandung vitamin B6 dan juga vitamin C yang berguna untuk membangun daya tahan tubuh agar tubuh kebal terhadap serangan bakteri, kuman dan juga virus pembawa penyakit.

  1. Hindari Payudara Dari Benturan.

Terkadang disaat beraktivitas wanita sering lalai terhadap keselamatan payudara mereka. Sehingga bisa membuat payudara mengalami cedera karena harus terbentur dengan benda-benda keras yang secara tidak sengaja mengenai bagian payudara. Padahal adanya benturan yang keras di bagian payudara dapat mempengaruhi kesehatannya, bahkan akibat adanya benturan keras tadi bisa mengakibatkan masalah penggumpalan darah di dalam payudara. Bahkan yang lebih mengerikan lagi, benturan keras yang terjadi di payudara dapat memicu pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam payudara. Dan untuk sebagian wanita yang dikatakan telah sembuh dari penyakit kanker payudara, kemudian tidak sengaja payudara ini terbentur dapat membuat penyakit kanker tersebut akhirnya kambuh kembali. Untuk itu jagalah dengan baik payudara kita agar terhindar dari segala macam benturan.

  1. Menyusui.

Untuk wanita yang sudah menikah dan memiliki momongan, diwajibkan untuk menyusui bayinya. Sebab dengan menyusui secara tidak langsung akan terhindar dari penyakit kanker payudara. Dibandingkan dengan wanita yang enggan untuk menyusui justru akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk terserang penyakit kanker payudara ini. Seringkali para wanita dibuat takut dengan kondisi payudaranya yang akan menurun atau kehilangan kekencangannya karena menyusui bayinya. Sebenarnya, terjadinya payudara yang menurun atau tidak kencang bukan disebabkan oleh kegiatan menyusui, akan tetapi hal tersebut di picu oleh adanya perubahan hormon di saat kehamilan terjadi. Biasanya kolagen dalam kulit pada saat hamil, akan mengalami penurunan sehingga hal ini dapat membuat payudara kehilangan keindahannya. Sehingga jangan pernah ragu dan takut untuk menyusui karena sesungguhnya ASI bagi bayi akan jauh lebih banyak memberikan manfaat daripada mengkonsumsi susu formula.

  1. Gunakan Bra yang Tepat.

Disarankan untuk mengenakan bra yang tepat atau sesuai dengan ukuran payudara yang kita miliki. Sebab bra yang terlalu kecil akan menyebabkan masalah penekanan dan membuat payudara merasa sesak dan terhimpit. Hal ini akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan payudara sebab ada banyak sel-sel yang akan terganggu ada didalam payuadara, dan bisa berpotensi merusak sel tersebut sehingga akan membuatnya tumbuh secara tidak normal dan hal ini tentu akan menyebabkan timbulnya penyakit kanker payudara.

  1. Periksa Payudara.

Memeriksa payudara bisa dilakukan sendiri dirumah, setiap saat dan setiap waktu. Pemeriksaan payudara ini harus dilakukan karena berfungsi untuk mendeteksi hal-hal ganjil di payudara. Sehingga jika ada masalah atau benjolan di payudara, kita bisa lebih dini untuk mengetahuinya. Untuk tahapan pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan dengan langkah mudah yaitu pertama dengan mengangkat tangan sebelah kiri ke atas kepala, kemudian rabalah payudara kita memakai tangan sebelah kanan, rasakanlah setiap bagian dari payudara kita, apakah ada benjolan atau tidak. Jika sama sekali tidak menemukan adanya benjolan di payudara maka itu artinya payudara kita bebas dari penyakit. Kemudian lakukan lagi untuk memeriksa payudara yang sebelahnya.

  1. Menghindari Alkohol.

Adapun langkah untuk menjaga dan melindungi kesehatan payudara yang harus kita lakukan adalah dengan menghindari atau berhenti mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol tinggi. Pengonsumsian alkohol secara berlebihan akan sangat mengganggu kesehatan tubuh dan juga kesehatan payudara kita. Terlebih untuk para wanita, pasalnya alkohol yang dikonsumsi akan meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang dapat memunculkan banyak masalah atau gangguan pada kesehatan tubuh dan bisa juga meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Itulah beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan payudara yang dapat kita lakukan. Semoga bermanfaat ya!

7 Cara Mudah Menjaga dan Melindungi Kesehatan Payudara | admin Kesehatan | 4.5
/* */