Kumpulan Penyakit

10 Cara Menidurkan Bayi yang Rewel Di Malam Hari

Cara Menidurkan Bayi

Cara Menidurkan Bayi – Pola tidur pada bayi umur 0-12 bulan memang berbeda-beda, namun bayi yang baru berumur satu minggu pertama sejak dilahirkan akan sering tidur dengan nyenyak. Bayi akan mudah sekali tidur ketika diberikan ASI atau susu formula, namun seiring bertambahnya usia bayi akan menjadi sulit untuk tidur dan bahkan mereka tidak akan mudah tertidur meski sudah digendong. Bagi setiap ibu pasti akan sering merasa khawatir ketika bayi tidak mau tidur dan sering rewel, sehingga bayi mudah sekali sakit.

Cara Menidurkan Bayi Tanpa Membuat Bayi Rewel

Setelah anda melakukan berbagai upaya untuk menidurkan bayi, tetapi bayi masih tetap tidak mau tidur. Anda bisa coba beberapa cara menidurkan bayi dengan cepat tanpa harus membuat bayi rewel. Bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Memandikan Bayi Atau Lap Tubuh Bayi Dengan Air Hangat

Memandikan bayi atau membersihkan tubuh bayi dengan mengelap tubuhnya dengan air hangat dapat membantu menurunkan suhu panas tubuh dan keringat. Secara umum, tubuh bayi bisa mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak dan bahkan sering menyebabkan munculnya biang keringat dan bintik merah pada permukaan kulit bayi. Kondisi tubuh bayi yang berkeringat dan suhu tubuh yang cukup tinggi akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan membuatnya sulit untuk tidur, bahkan bayi akan menjadi rewel dan sering menangis secara terus menerus.

Dengan memandikan bayi dengan air hangat atau mengelap tubuhnya ini dapat membuat bayi merasa nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Hal ini dikarenakan, dengan memandikan bayi dapat membantu menghilangkan biang keringat dan gatal-gatal pada tubuh bayi.

  1. Memberikan ASI Sampai Bayi Merasa Kenyang

Cara menidurkan bayi dengan cepat berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memberikan ASI sampai bayi merasa kenyang dan tertidur. Dengan memberikan ASI atau susu formula, maka tubuh bayi akan merasa lebih tenang dan kenyang, sehingga dapat membjuat bayi mudah untuk tertidur.

  1. Menepuk Pantat Bayi Ketika Menyusui

Agar bayi bisa cepat tertidur ketika diberikan ASI, maka anda dapat menyusui bayi anda sambil menepuk-nepuk pantat bayi secara perlahan. Cara ini dapat membuat bayi merasa nyaman dan merasakan sentuhan kasih sayang dari seorang ibu, sehingga bayi akan merasa mengantuk dan bayi akan tertidur. Tetapi jika bayi anda tidak suka dengan cara ini, maka sebaiknya anda jangan memaksakan karena akan membuat bayi menangis.

  1. Menggendong Bayi

Jika anda sudah mencoba beberapa cara diatas untuk bisa menidurkan bayi, namun bayi masih juga tidak mau tidur. Maka anda bisa mencoba menidurkan bayi dengan cara menggendong bayi, karena dengan menggendong bayi dengan posisi yang nyaman dapat membuat bayi mengantuk dan tertidur dengan cepat. Namun cara ini juga dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, karena bayi biasanya akan menjadi ketergantungan dan bayi selalu ingin di gendong sehingga membuat bayi menjadi kurang mandiri.

  1. Menidurkan Bayi Tepat Waktu

Ketika bayi terlalu lelah atau mengalami kurang tidur, biasanya bayi akan sulit untuk tidur ketika anda ingin membuatnya tertidur. Meski anda sudah mencoba beberapa cara untuk menidurkan bayi namun bayi masih tetap tidak mau tidur, maka anda bisa mencoba menidurkan bayi dengan tepat waktu. Misalnya, bayi anda sudah terbiasa tidur 2 – 3 kali sehari, maka usahakan anda juga harus menidurkan bayi pada waktu-waktu yang tepat seperti waktu tidur mereka. Dengan menidurkan bayi tepat waktu, maka bayi anda akan terhindar dari masalah kesulitan untuk tidur.

  1. Melakukan Pemijatan Sebelum Tidur

Salah satu penyebab bayi sulit untuk tidur bisa juga dikarenakan tubuh bayi terlalu lelah, kondisi ini sering membuat bayi menggeliat. Seluruh otot pada tubuh bayi mungkin terasa lemah dan merasa tidak nyaman, sehingga dapat membuat bayi kesulitan untuk bisa tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, maka anda bisa melakukan pemijatan pada tubuh bayi dengan pijatan yang lembut. Cara ini mampu membuat tubuh bayi menjadi lebih tenang dan nyaman, sehingga dapat membuat bayi tidur dengan cepat dan nyenyak.

  1. Kenakan Pakaian Bayi Yang Nyaman

Memakai pakaian yang tidak nyaman pada bayi, maka bayi akan mengalami kesulitan untuk tidur. Oleh sebab itu, pastikan anda memakaikan pakaian yang nyaman untuk bayi seperti pakaian yang terbuat dari bahan katun. Hal ini dikarenakan, pakaian bayi yang terbuat dari bahan katun ini sangat nyaman dan lembut pada kulit bayi. Selain itu, pakaian bayi yang terbuat dari bahan katun memiliki daya serap keringat yang sangat baik, sehingga bayi tidak akan merasa kepanasan. Pastikan juga anda tidak memakaikan pewangi pakaian pada pakaian bayi, karena produk pewangi pakaian tersebut dapat menyebabkan kulit tubuh bayi mengalami iritasi.

  1. Menjaga Suhu Ruangan Tempat Tidur Bayi

Suhu ruangan yang nyaman akan membuat bayi merasa nyaman dan mudah sekali tertidur, namun jika suhu di dalam ruangan terlalu hangat akan membuat bayi mengalami kepanasan dan menyebabkan bayi sulit untuk tertidur. Namun jangan pernah nyalakan AC meski suhunya sudah yang paling kecil, sebaiknya buatlah sirkulasi udara di dalam ruangan menjad lebih lancar agar suhu di dalam ruangan tempat tidur bayi menjad lebih adem.

  1. Buatkah Cahaya Di Dalam Kamar Menjadi Redup

Cahaya di dalam kamar yang teralu terang dapat menyebabkan bayi sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak, sehingga usahakan agar cahaya di dalam kamar atau ruangan bayi menjadi redup ketika di malam hari. Sedangkan pada siang hari, sebaiknya tutup jendela kamar bayi dengan tirai yang jarang, sehingga cahaya dan udara dari luar bisa tetap masuk ke dalam ruangan. Selain dapat membuat bayi cepat tertidur, cara ini juga ternyata dapat membuat bayi bisa mengenali antara siang dan malam.

  1. Tidurkan Bayi Ketika Bayi Sudah Sangat Mengantuk

Ketika bayi anda sudah sangat mengantuk, segera tidurkan bayi anda, anda tidak akan kesulitan untuk menidurkannya dan bayi akan tidur dengan sangat pulas. Tanda-tanda bayi yang sudah sangat mengantuk yaitu dapat dikenal dari tanda sering mengucek mata, mudah marah-marah tidak jelas, rewel, menangis terus menerus dan sering menguap. Jika pada bayi anda sudah muncul tanda-tanda diatas, maka segera tidurkan bayi anda.

Informasi perkembangan bayi

Biasanya bayi akan sangat akrab sekali dengan suasana ketika mereka masih berada di dalam rahim, bahkan beberapa bayi anda yang terbiasa tidur dengan kondisi ruangan yang tenang, namun ada juga kondisi  dimana bayi bisa tidur dengan nyenyak pada suasana ruangan yang ramai. Anda bisa mencoba cara menidurkan bayi dengan cepat sesuai dari kebiasaannya, karena setiap bayi memiliki karakter yang berbeda-beda termasuk dalam urusan tidur.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa cara menidurkan bayi dengan cepat, selamat mencoba dan semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • bagaimana cara menidurkan bayi dengan cara kelon
  • bagaimana cara menidurkan bayi di tempat tidur
  • cara alami dan mudah menghilangkan bekas luka
  • cara menidurkan bayi malam hari
  • cara menidurkan bayi malam hari yang suka rewel
  • cara menidurkan bayi usia 6 bln dengan ssu botol
  • cara mudah menidurkan bayi pada waktu malam
  • cara nenidurkan bayi dengan cepat
  • tips menidurkan bayi di malam hari
10 Cara Menidurkan Bayi yang Rewel Di Malam Hari | Doktersehat | 4.5
/* */