Kumpulan Penyakit

6 Cara Efektif Menyembuhkan Mata Merah Secara Alami

cara mengobati sakit mata merah

cara mengobati sakit mata merah

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami Penyakit mata merah yang dalam istilah kedokterannya disebut dengan konjungtivitis ini merupakan suatu penyakit mata yang disebabkan karena infeksi. Tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting peranannya dalam kehidupan kita. Maka dari itu penting sekali untuk kita menjaga kesehatan mata. Namun memang terkadang mata juga sangat rentan terserang penyakit dari luar, sebab mata sendiri memang hanya dilapisi oleh selaput yang tipis, sehingga membuat mata tergolong sangat sensitif.

Penyakit mata merah ini merupakan suatu infeksi yang menyerang jaringan tipis dibagian putih mata dan bagian kelopak mata. Jadi apabila jaringan tersebut terkena infeksi, secara otomatis akan terjadi peradangan dan gejalanya pun cukup mudah diketahui, seperti mata terasa gatal, bagian putih mata memerah, mata terasa panas, penglihatan menjadi kabur, dan gejala lainnya. Selain karena infeksi virus atau bakteri, penyakit mata merah ini juga bisa diakibatkan karena terkena debu atau asap kendaraan serta penggunaan lensa mata.

Obat Sakit Mata Merah Alami

Penyakit mata merah atau konjungtivitis ini pun bisa muncul dalam berbagai macam jenis yang memiliki fase yang beragam. Mata merah yang diakibatkan karena iritasi, umumnya dapat dengan mudah diatasi. Akan tetapi jika konjungtivitis alergi yang terjadi dikarenakan adanya virus herpes simpleks atau gonore, kondisi ini tentunya bisa menjadi lebih semakin serius.

Meskipun penyakit konjungtivitis atau mata merah ini sudah sangat lazim dialami oleh setiap orang, namun ternyata penyakit mata merah ini merupakan salah satu jenis penyakit mata yang mudah menular. Akan tetapi penyakit mata merah ini pun ternyata cukup mudah untuk disembuhkan yakni dengan memanfaatkan beberapa bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan mengobati mata merah.

6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengobati Mata Merah.

  1. Kunyit.

Jenis bahan alami yang satu ini tentunya sudah sangat dikenal karena memang kunyit sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit dan juga sering dipakai untuk perawatan kecantikan alami. Kandungan yang tersimpan dalam kunyit ini memiliki sifat senyawa untuk menguatkan kekebalan dan antiviral yang berfungsi untuk mencegah atau mengobati infeksi pada mata. Untuk menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mengobati mata merah yaitu dengan cara mencampurkannya dengan air, lalu bentuklah seperti pasta tipis. Setelah itu anda pun bisa memasukkan kain lap bersih kedalam campuran kunyit ini. Kemudian kompreslah tepat diatas bagian mata yang terkena infeksi tersebut.

  1. Bawang Putih.

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui bahwa ternyata bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit yang salah satu yaitu penyakit konjungtivitis ini. Hal itu dikarenakan kandungan antibakteri, antioksidan, anti jamur yang dimiliki bawang putih ini sudah terbukti efektif untuk membersihkan infeksi yang menjadi penyebab mata merah ini. Untuk cara penggunaannya, irislah bawang putih, kemudian oleskan pada area atas kelopak mata yang terinfeksi. Cara ini memang dipercaya mampu untuk mencegah atau mengobati infeksi pada mata.

  1. Teh Hijau.

Mungkin karena teh hijau ini banyak mengandung antioksidan, makanya banyak orang untuk memilih mengonsumsi minuman teh hijau ini untuk menjaga kondisi kesehatannya. Tak hanya itu manfaat yang bisa kita ambil dari teh hijau ini pun ternyata bisa digunakan untuk mengobati mata merah karena infeksi dan juga peradangan. Cara yaitu dengan memasukkan kantong teh hijau didalam air panas, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu tempatkan kantong teh tersebut tepat diatas mata yang terkena infeksi. Biarkan beberapa menit hingga senyawa organik serta nutrisi yang terkandung dalam teh hijau ini bisa meresap kebagian mata.

  1. Lemon.

Kandungan yang bersifat antiseptik dan antibakteri yang terdapat dalam lemon ternyata juga bermanfaat untuk mengobati penyakit mata merah. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan jus lemon menggunakan sedikit air, lalu anda bisa mengoleskannya dengan lap bersih dalam bentuk kompresan. Namun sebelum menggunakannya, anda perlu berhati-hati, jangan sampai mengoleskannya secara langsung dibagian mata.

  1. Madu.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan saja, namun kandungan antibakterial yang ada pada madu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit konjungtivitis ini. Caranya yaitu dengan mecampurkan madu bersama susu hangat, lalu oleskan dibagian kelopak mata yang terkena infeksi. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari secara rutin, supaya infeksi dimata anda bisa secepatnya dibersihkan.

  1. Gel Lidah Buaya.

Untuk mengobati mata merah, anda pun bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang mana gel yang ada pada lidah buaya ini memang bersifat sebagai sistem kekebalan yang membantu mempercepat penyembuhan infeksi pada mata. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya ini pada bagian sekitar kelopak mata dengan menggunakan tisu atau lap bersih.

Walaupun cara pengobatan mata merah atau konjungtivitis ini bisa anda lakukan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, namun jika gejala penyakit konjungtivitis yang anda alami sudah dalam tingkatan yang parah dan tidak juga membaik, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan tentang bagaimana mengatasi mata merah yang terjadi pada diri anda. Semoga ulasan yang telah kami bagikan bisa membantu anda mencari obat sakit mata alami yang paling ampuh. Sekian dan Terima kasih. 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat alami mata merah
  • apa cara menghilangakan mata merah
  • obat alami untuk menghilangkan mara merah
  • obat alami buat mata merah
  • menghilangkan mata m
  • Manfaat lidah buaya untuk mata merah
  • cara menyembuhkan mata merah
  • cara mengobati mata memerah
  • cara menghilangkan mata merah
  • cara mengatasi mata merah
  • cara hilangkan mata merah alami
  • cara alami mengatasi mata merah
  • obat herbal untuk mata mrrah
6 Cara Efektif Menyembuhkan Mata Merah Secara Alami | admin Kesehatan | 4.5
/* */