Kumpulan Penyakit

4 Cara Mengobati Batuk Berdahak Kering Alami Paling Ampuh

batuk

batuk

Inilah Obat Batuk Berdahak Kering Secara Alami Paling Ampuh

Cara Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering  – Batuk merupakan suatu respon yang terjadi saat ada benda asing yang masuk kedalam tubuh melalui mulut, hidung dan tenggorokan. Benda asing yang masuk melalui mulut, hidung dan tenggorokan dapat berupa seperti asap, debu dan polusi pada udara, batuk akan terjadi setelah ada benda yang masuk kedalam tubuh melalui saluran pernafasan. Batuk dapat diderita oleh usia anak sampai usia dewasa. Tetapi batuk yang sering dikeluhkan oleh masyarakat awam  adalah sebagai penyakit tetapi hal itu dianggap kurang benar oleh tenaga medis, sebenarnya batuk merupakan respon agar tubuh tidak kemasukan benda asing yang bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius, atau juga bisa dikatakan batuk adalah gejala dari suatu penyakit, maka dari itu batuk adalah sebagai pelindung tubuh masing-masing orang agar tidak terkena debu dan polusi udara maupun tertular karena pengiriman penyakit yang berupa bakteri atau virus melewati saluran pernapasan.

Batuk adalah salah satu cara yang bermanfaat bagi tubuh agar benda asing dapat dikeluarkan. Tetapi batuk yang berlebihan bisa juga menyebabkan gangguan tersendiri bagi tubuh.

Kenapa batuk yang berlebihan bisa membuat gangguan tersendiri bagi tubuh??  Dan kenapa batuk adalah awal gejala dari suatu penyakit?

Sebelum membahas cara mengobati batuk lebih lanjut penyakit yang disebabkan atau menyebabkan batuk, mari simak ada berapa macam – macam batuk??

4 Obat Batuk Berdahak Batuk Kering Secara Alami

Batuk Kering

Batuk Kering

Macam – Macam Batuk

1. Batuk akut

Batuk akut merupakan batuk yang terjadi dalam hitungan kurang dari 14 hari dalam suatu episode dan batuk akut hanya bersifat sementara.

2. Batuk Kronis

Batuk Kronis merupakan Batuk yang menjadi lanjutan dari batuk akut, kenapa bisa disebut batuk akut karena jika batuk yang diderita oleh seseorang berkelanjutan melebihi 14 hari berarti ada penyakit paru yang sedang menampakkan gejala penyakit lewat batuk dan membutuhkan penanganan lanjutan tidak sekedar dengan obat toko saja tetapi dengan pengobatan batuk dan perawatan yang baik.

3. Batuk berdahak

Batuk berdahak merupakan respon batuk yang disertai dengan keluarnya sekret atau keluarnya dahak,  dahak bisa berlebihan karena adanya suatu infeksi pada lapisan lendir pada sistem pernapasan, batuk berdahak akut dapat disebabkan oleh adanya bakteri dan juga bisa karena pengaruh virus. Batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus antara lain penyakitnya adalah tuberculosis (TBC), influenza  ( FLU ), Bronikitis, bronkho pneumonia, Infeksi Saluran Pernapasan Atas ( ISPA ), Emfisema, Empiema, kanker paru dan Efusi pleura. Dan cara mengatasi batuk dan macam – macam penyakit diatas juga berbeda sekali.

4. Batuk Kering

Batuk kering merupakan batuk yang diderita tanpa mengeluarkan sekret (dahak). Batuk yang terjadi tanpa mengeluarkan dahak adalah disebabkan oleh kondisi kelembabapan udara yang kering, iritan sehingga teras tenggorokan gatal, alergi, naiknya asam lambung, penyempitan bronkus (ASMA).

Batuk kering adalah penderitaan kedua setelah  batuk berdahak, karena pada batuk kering seorang penderita batuk kering akan merasakan ketidaknyamanan pada saat batuk yang terjadi berulang-ulang tanpa mengeluarkan apapun. Dan itu sangat menyiksa penderita dan juga mengganggu orang – orang disekitarnya. Tanpa tahu cara mengobati batuk kering yang sedang dideritanya, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengobati batuk berdahak dan Cara mengobati batuk kering secara alami dan medis.

4 Obat Batuk Berdahak dan Batuk Kering Alami Pada Anak dan Dewasa

1. Daun Sirih dan Jahe

Daun Sirih dan Jahe

sumber : google.com

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Daun sirih dan Jahe,  Daun sirih dan Jahe adalah sejenis tumbuhan yang mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan salah satu cara Mengatasi batuk batuk berdahak dapat menggunakan obat alami dari campuran daun sirih dan juga jahe. Daun sirih sendiri memiliki kandungan berupa antiseptik yang bisa digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada pada saluran pernapasan, dan pada jahe sendiri sudah lama dipercaya dan diteliti juga oleh alat yang canggih dan modern dapat memberikan efek yang lega pada tenggorokan yang sedang batuk. Obat alami ini dapat digunakan untuk obat batuk berdahak pada anak maupun pada orang dewasa. Cara membuat obat alami ini sangat amat mudah hanya tinggal mengambil beberapa lembar daun sirih dan satu ruas jahe, kemudian bersihkan dan masukan kedalam air yang mendidih setelah itu jika ingin rasa manis tinggal tambahkan gula lalu diminum tidak lama batuk berdahak gatal akan cepat reda.

2. Jeruk Nipis, Madu dan Kecap

Jeruk Nipis, Madu dan Kecap

Jeruk Nipis, Madu dan Kecap

Cara Mengobati Batuk Kering bisa menggunakan obat manjur ini yaitu  Jeruk nipis, madu dan kecap merupakan obat yang sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita dan juga terbukti secara klinis dapat menyembuhkan batuk berdahak. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan cara ambil 1 jeruk nipis peras kedalam gelas campurkan dengan madu untuk anda yang kurang suka kecap dan untuk yang suka kecap bisa ditambahkan kedalam ramuan tersebut kemudian diminum selama 2-3 hari sekali sampai batuk anda reda. Obat alami ini juga boleh diminum oleh anak maupun dewasa.

3. Kunyit dan Madu

Kunyit dan Madu

Kunyit dan Madu

Kunyit dan Madu adalah Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Ramuan alami dan menyehatkan ini juga merupakan obat batuk alami berdahak yang juga sangat bagus untuk anda dan anak. Cara membuatnya sama hanya dimasukkan kedalam gelas kemudian diminum selama 2-3 kali sehari sampai batuk berdahak benar-benar reda.

4. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh Hangat

Belimbing wuluh ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak dan sudah digunakan dan dipercaya oleh nenek moyang kita dahulu. Cara membuat obat alami untuk batuk berdahak ini juga sangat gampang yaitu dengan cara siapkan 5-6 buah belimbing wuluh yang masih segar kemudian iris kecil – kecil dan masukan kedalam rebusan air sampai mendidih, dan anda juga bisa menambahkan sedikit gula untuk perasa. Jika sudah tuangkan kedalam gelas dan anda bisa meminumnya dua sampai 3 kali sehari. Obat ini juga bagus untuk mengobati batuk berdahak pada anak dan juga obat batuk berdahak pada usia dewasa dan orang tua.

Baca juga:

Banyak sekali obat alami dan bahan alami yang mudah kita temukan didalam, dan manfaatnya pun tidak kalah dengan obat medis buatan pabrik dan obat diatas tidak ada efek sampingnya sama sekali karena anda yang membuatnya sendiri sesuai selera obat yang anda inginkan. Dan jika dengan obat alami batuk berdahak belum kunjung sembuh segera periksakan kefasilitas kesehatan agar mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang lebih lanjut dari pihak medis.

Cukup sekian penjelasan yang dapat sampaikan tentang Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Batuk Kering Secara Alami, semoga ulasan diatas dapat membantu anda dalam mencari referensi obat alami untuk mengobati batuk berdahak yang sedang anda derita maupun keluarga anda tanpa efek samping apapun. Terima kasih semoga lekas sembuh. 🙂

 

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengobati batuk
  • cara menyembuhkan batuk
  • cara mengatasi batuk
  • cara menghilangkan batuk
  • cara mengobati batuk tidak berdahak
  • cara menyembuhkan batuk tidak berdahak
  • cara menyembuhkan batuk kering
  • mengatasi batuk
  • cara mengobati bat
  • cara mengobati ba
  • obat alami batuk kering
  • cara menghilangkan batuk berdahak
  • cara alami mengatasi batuk
  • cara meredakan batuk
  • cara obat untuk menyembuhkan batuk
4 Cara Mengobati Batuk Berdahak Kering Alami Paling Ampuh | admin Kesehatan | 4.5
/* */