Kumpulan Penyakit

Stres – Gejala, Penyebab, Tips dan Cara Menghilangkan

Cara Menghilangkan Stress

Sumber: google.com

Stres – Sebagian besar dari kita menganggap hanya akan berdampak negatif saja, mungkin ada sebagian orang membutuhkan stres untuk meningkatkan kinerjanya sehingga otak terpancing untuk bekerja lebih giat dan membantu menghadapi tantangan. Namun, terlalu banyak stres, khususnya jika terus menerus, dapat menimbulkan ganguan yang sangat serius.

Stres adalah energi yang diciptakan oleh perubahan didalam pikiran baik dari skala kecil seperti bangun tidur pada pagi hari maupun skala besar dalam hidup seperti melahirkan atau kematian

Apa yang membuat Kita Merasa Stres ?

Tentu jawaban sangat singkat yaitu apa aja hal tergantung dari pribadi masing-masing. Secara umum, semakin banyak hal yang terjadi pada kita dalam kurun waktu tertentu, misalnya setahun atau sebulan, dan semakin tinggi gabungan peringkat (lihat tabel), semakin tinggi pula kecendrungan kita menderita stres fisik atau emosional.

Stres – Gejala, Penyebab

Efek Fisik Dari Stres

Reaksi stres adalah respone alami terhadap rasa takut. Reaksi ini memperiapkan tubuh untuk melawan atau melarikan diri. Jika kita takut terus menerus, maka kita akan selalu stres, dan ini membuat kita sakit. Ini disebut penyakit akibat stres. Saat menghadapi penuh stres, otak dan tubuh merespon dengan meningkatkan produksi hormone tertentu seperti kortisol dan adrenaline. Hormon ini menimbulkan perubahan denyut jantung, tekanan darah, metabolism, dan akitifitas fisik yang di sesuaikan untuk meningkatkan kinerja keseluruhan. Cara mengenali efek fisik adrenaline sebagai berikut :

1. Jantung mulai berdekup sehingga darap di pompa keseluruh tubuh secara maksimum agar tubuh siap bertindak.

2. Frekuensi nafas meningkat sehingga darah membawa oksigen dalam jumlah maksimum ke otak agar otot dapat bekerja lebih efisien.

3. Tekanan darah meningkat sehingga organ organ penting mendapat cukup asupan darah.

4. Pembuluh darah kulit dan organ internal menyempit, mengalihkan darah ke otot, membuat kita siap bekerja.

5. Pupil melebar agar kita dapat melihat apa yang membuat kita takut dan jalan mana yang aman untuk melarikan diri.

6. Gula darah meningkat drastic, memberi sejumlah besar energy yang diperlukan jika kita perlu melawan dan melarikan diri

Stres dalam jumlah tertentu tidak selalu buruk karena ini membantu kita menghadapi tantangan dan tetap termotivasi. Tapi jika kadar stres meningkat, kemampuan kita mangatasi stres akan terganggu. Hanya kurang dari 20% orang yang mampu menghadapi krisis seperti kebakaran dan banjir secara efektif.

 

Mengapa Stres Membuat Kita Sakit

Hidup pada abad 21 berarti kita merasa lebih stres dari pada orang-orang yang hidup pada zaman lain. Kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi pada keberhasilan, yang tidak mungkin melarikan dari kompetisi dan keinginan untuk berhasil. Kita menderita stres karena kita telah jauh melampaui masa-masa saat situasi stres dapat di selesaikan dengan cara melawan atau melarikan diri. Namun adrenaline tetap di pompa dalam tubuh kita dan membuat kita siap untuk melakukan kedua hal tersebut. Tubuh kita telah dinyalakan, tapi insting untuk berlari atau menghadapi musuh telah di tekan. Timbulnya ketegangan dan frustasi ini akan meningkatkan stres, dan sebuah lingkaran setan akan timbul sehingga mengakibatkan penyakit fisik dan mental.

 

Penyakit Akibat Stes

Paparan terus menerus terhadap stres (ketakutan) seringkali menimbulkan penyakit akibat stres seperti depresi, sakit kepala, gangguan pencernaan, palpitasi, serta nyeri dan sakit otot. Penyempitan pembuluh darah akibat stres jangka panjang juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tetap tinggi selama beberapa waktu, ini akan memacu kerusakan arteri dan mungkin serangan jantung.

Selain itu sakit kepala migren, kelainan kulit seperti eksim (dermatitis) dan gatal (proritus), serta gangguan pencernaan seperti IBS, dyspepsia, dan tukak peptic juga dapat timbul.

Ada berbagai penyakit berat lain yang mungkin di picu oleh stres, seperti artritis, asma, dan diabetes. Menurut penelitian jika kita berada dibawah tekanan, kita lebih rentan terinfeksi, Khususnya oleh virus.
Beberapa gangguan akibat stres terutama pada Wanita berupa gangguan menstruasi, nyeri panggul, gangguan seksual, ketegangan pra-menstruasi, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, dan gangguan fungsi ovarium yang menimbulkan gangguan ovulasi.
Stres dalam kehidupan modern tidak akan hilang. Jadi harapan kita satu-satunya adalah merubah pendekatan kita terhadap stres. Dengan kata lain, kita harus menangani stres atau, lebih baik lagi, mengendalikannya dan menggunakannya sebagai energi.

Agar dapat hidup dengan stres, kita perlu menentukan apa penyebabnya dan apakah kita merespon secara wajar. Jika tidak, maka respon tersebut mencegah kita mengatasi dan mengendalikan stres.
Sebagian orang lebih rentan terhadap stres dari pada orang lain, tapi dengan sedikit bimbingan dan latihan sebagian besar dari kita dapat belajar menanganinya.

 

Gaya Hidup Dan Stres

Untuk membantu Anda mencari sumber stres, mulailah menanyai diri sendiri mengenai faktor sosial, fisik, emosional yang mempengaruhi, berikut pertanyaan dalam diri Anda sehingga dapat mengenali diri :

– Apakah Anda banyak merokok sebagai respon terhadap stres ?
– Apakah Stres membuat anda minum terlalu banyak ?
– Apakah Anda berolah raga atau bergaya hidup pasif ?
– Apakah Anda sedang sakit ?
– Apakah ada tantangan baru dalam hidup Anda ?
– Apakah adan keadaan yang telah berubah ?
– Apakah masalah yang telah ada semakin memburuk akhir-akhir ini ?
– Apakah orang terdekat menghadapi masalah yang mempengaruhi masalah ?

 

Mengatasi Stres

Hal yang paling sulit dalam stres adalah mengenali stres itu sendiri. Jika anda merasa stres, ada banyak alasan yang kuat Anda optimis dapat mengatasi. Ada beberpa hal sederhana dan efektif yang dapat di coba untuk mengurangi dan mengatasi stres.

Anda akan merasa sangat puas jika mampu mengatasi stres dengan percaya diri dan setelah melakukannya, Anda akan merasa lebih kuat dan percaya diri melakukan ini kembali pada masa yang akan datang.

1. Jangan Terlalu Banyak Yang Dilakukan ?

Tidak perlu seperti ini. Belajarlah membuat prioritas dan daftar.
– Apa yang harus Saya lakukan ?
– Apa yang sebaiknya Saya lakukan ?
– Apa yang bias menunggu ?
– Apa yang tidak perlu lakukan ?
Hanya menangani 2 hal yang pertama, dan biarkan sisany menunggu.

2. Kendalikan Gaya Hidup Anda

– Mengelola Stres
1. Rencanakan Jadwal harian atau mingguan berisi semua kegiatan yang anda sukai dan masukkan ini dalam rutinitas harian.
2. Buatlah rencana masa depan dan jangan ingat lagi kesalahan atau kekecewaan yang telah lalu.
3. Hargai keberhasilan dan hadapi semua kritik tentang Anda – Jangan menerimany begitu saja
4. Luangkan waktu setiap hari untuk istirahat dan relaksasi, bahkan jika hanya berendap dalam bak atau mengangkat kaki selama 10 menit di sofa sambal membaca majalah.
5. Libatkan keluarga Anda khususnya Anak dan teman untuk membantu gaya hidup Anda.

3. Pola Makan

Kesuksesan kita menangani stres dapat di bantu dengan pola makan yang baik.
Orang yang makan banyak roti gandum dan sereal, buah dan sayuran, dan sedikit karbohodrat yang dimurnikan, gula, kafein, dan lemak, mampu mengatasi stres yang lebih besar.

Berikut Pola Makan yang dapat membantu menghilangkan stres

– Satu buah jeruk, sayuran segar, asam folat, selenium, dan antioksidan.
– Ikan seperti tuna, salem dan minyak selada dengan kandungan vitamin A, D, dan E, asam lemakesential otak, serta seng dan mangan untuk system kekebalan.
– Separuh gelas susu skim atau Yogurt rendah lemak untuk memperoleh kalsium.
– Karbohidrat tak dimurnikan, sperti roti gandum, nasi merah, bubur – makanlah tiga porsi untuk menjaga kadar serotonim otak tetap tinggimemberikan vitamin Bpengendali suasana hati, dan membuat anda merasa optimis dan positif.
– Bawang Bombay, brokoli, dan tomat serat minum the untuk memperoleh flavonoid anti oksidan kuat yang membantu mencegah sel mati (penuaan) dan kanker
– Selain itu :
• Jangan makan terlalu banyak setelah jam 8 ini akan menggangu tidur nyenyak.
• Minumlah minuman yang hangat dan manis (coklat diet cocok untuk Anda) di tempat tidur dan tidur lah sambal mendengarkan music atau membaca buku.
• Jika memungkinakan, bermesraanlah dengan orang terkasih ini adalah obat terbaik bagi stres dan kecemasan.

4. Berolah Raga

Olah raga adalah hal yang ingin dilakukan oleh tubuh sesuai insting di bawah tekanan – melawan atau melarikan diri, dan ini sangat bermanfaat untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh.

Berlari, berjalan, bersepeda, berenang, atau latihan aerobic secara teratur, idealnya dilakukan sekurangnya 20 menit tiga kali setiap minggu akan memberikan perubahan besar. Bahkan berjalan jalan di sekitar rumah dapat membantu melepaskan amarah dan mengurangi stres. Pilihlah olahraga yang Anda sukai.

– Lakukan pemanasan berupa peregangan selama dua atau tiga menit sebelum memulai berolahraga berat.
– Tingkatkan perlahan dan jangan memaksa diri sendiri. Selalu berolahraga dalam batas nyaman, biarkan nafas memandu Anda. Jika terasa sakit hentikan.
– Jika Anda merasa lelah, berhenti dan beristirahatlah.
– Saat berhenti berolahraga, lakukan pendinginan bertahap dan perlahan untuk mencegah kekakuan.
– Hal yang terbaik adalah berolahraga dengan kecepatan yang membuat Anda cukup terengah engah tapi tidak kehabisan nafas, untuk merangsang otot dan peredaran darah serta membakar kalori.
– Perhatikan denyut jantung anda. Jika anda dianggap bugar secara medis (periksakann diri kedokter) frekuensi denyut jantung tidak melebihi 110 kali permenit selama pemanasan, dan selama olahraga berat tidak boleh melebihi 130 kali permenit
– Jika Anda sudah siap berolahraga selama 30 menit, endorphin akan melimpah dan ini terasa menyenagkan. Endorfin menekan nafsu makan, memberi Anda rasa bahagia, menyembuhkan sakit kepala, membuat tidur nyenyak.

Baca Juga :

 

Aroma Terapi Untuk Menghilangkan Stres

Berikut adalah minyak yang dapat membantu Anda menghilangkan Stres, Minyak ini ada beberapa dapat diminum seperti bergamot, mawar dan neroli :

1. Minyak Lavender, Menurut penelitian minyak ini dapat mengurangi stres
2. Minyak Bergemot, digunakan untuk antidepresi
3. Minyak Camomile, digunakan untuk penenang
4. Minyak Clary Sage, digunakan untuk Perangsang
5. Minyak Geranium, digunakan untuk antidepresi
6. Minyak Melati, digunakan untuk antidepresi
7. Minyak Marjoram, Neroli dan Mawar, digunakan untuk sedatif

Tips Menghilangkan Stres

1. Hilangnya Nafsu Makan

Stres seringkali membuat Anda tidak ingin makan, Berikut Tipsnya :

– Makanlah makanan yang anda sukai dalam porsi kecil.
– Luangkan waktu yang cukup untuk makan.
– Hindari Sementara keadaan yang membuat anda berada dibawah tekanan untuk menyelesaikan makan.
– Minumlah banyak cairan khususnya air putih, jus buah, dan susu skim.
Penurunan berat badan dapat menjadi indicator terpenting tingkat stres yang tinggi. Jadi jika berat badan Anda terus menerus turun, konsulatasilah ke dokter.

2. Hilangnya Gairah Seksual

Penurunan Gairah seksual sering menjadi salah satu ciri stres dan penyebab rasa tertekan – dan sebagai akibatnya, semakin banyak stres.
Tipsnya adalah pastikan dalam diri Anda bahwa ini tidak akan berlangsung selamanya, jadi tetaplah tenang. Sementara itu cobalah nikmati bagian dari hubungan seksual yang tetap memberi kenikmatan.

Semoga bermanfaat dan tambahan informasi bagi Anda.

Loading...
Stres – Gejala, Penyebab, Tips dan Cara Menghilangkan | admin Kesehatan | 4.5
/* */