Kumpulan Penyakit

Inilah 8 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Badan ?

Cara Menghilangkan Bau Badan – bau badan adalah suatu kondisi dimana pada lipatan ketiak mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Menurut penjelasan dunia medis, penyebab bau badan sering kali disebabkan oleh karena adanya bakteri yang berkumpul pada lapisan pori sehingga keringat akan menutup pori-pori kulit. Meskipun persentasinya sangat kecil, tetapi bakteri tersebut dapat memecah protein dan kemudian mengubahnya menjadi asam, sehingga pada ketiak akan mengeluarkan aroma tak sedap.

Meskipun masalah bau badan tidak berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi jika tidak segera ditangani tentunya dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang, bahkan tidak sedikit orang yang mengalami stres karena memiliki masalah bau badan.

Lalu, apakah anda cara untuk mengatasinya?

Ada banyak sekali cara menghilangkan bau badan secara alami. Bagi anda yang memiliki masalah bau badan, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Inilah Cara Menghilangkan Keringat Berlebih Secara Alami

  1. Mandi 2 kali sehari

Menjaga kebersihan tubuh memang menjadi salah satu cara paling utama untuk menghilangkan bau badan, karena setiap hari tubuh akan mengeluarkan keringat dan keringat inilah yang dapat menjadi pemicu dari bau badan tak sedap. Ketika tubuh berkeringat, maka kuman dan bakteri akan ikut menempel dan bersarang, sehingga jika tidak segera dibersihkan kuman dan bakteri tersebut akan menyebabkan timbulnya masalah bau badan. Menurut penjelasan dari para pakar kesehatan menjelaskan bahwa dengan mandi 2 kali sehari merupakan cara paling efektif untuk mencegah dan menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh keringat, sehingga biasakan untuk mandi 2 kali sehari menggunakan sabun yang memiliki kandungan antibakterial.

  1. Gunakan Deodorant Setelah Mandi

Bagi anda yang memiliki masalah dengan bau badan, penggunaan deodorant memang sangat penting dan bahkan wajib dilakukan. Penggunaan deodorant memang sangat efektif untuk mencegah dan mengurangi bau badan, namun cara ini tidak mampu untuk mengurangi produksi keringat berlebih. Tetapi ada juga produk deodorant yang didalamya mengandung antiperspirant yang biasanya digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih, namun sebaiknya anda tidak memilih produk deodorant yang mengandung antiperspirant, karena kandungan tersebut dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi, peradangan dan juga dapat menjadi biang keringat.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Ada banyak sekali jenis makanan dan minuman penyebab bau badan, beberapa diantaranya seperti :

  • Daging merah

Daging merah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat sulit untuk dicerna dalam usus, sehingga butuh waktu untuk mencerna daging merah ini. Dampak buruknya, akan muncul suatu Zat yang tersisa dalam usus dan dapat menjadi pemicu dari bau badan tidak sedap.

  • Rempah-rempah

Bumbu masak memang menjadi kebutuhan yang wajib ada, karena memasak tanpa menggunakan bumbu masak yang dihasilkan dari rempah-rempah pastinya rasa masakan yang dibuat tidak enak. Namun untuk solusi terbaiknya, sebaiknya kurangi pemakaian bumbu masak dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang daun, bawang putih dan jenis-jenis mbumbu rempah lainnya.

  • Minuman Beralkohol dan Berkafein

Minum kopi memang menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan, namun banyak dari mereka jika kebiasaan tersebut terus dilakukan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. apalagi bagi mereka yang sering minum minuman beralkohol. Kedua jenis makanan penyebab bau badan tersebut sangatlah merugikan dan sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein apalagi bagi mereka yang sering minum minuman beralkohol yang sudah jelas akan sangat membahayakan.

  1. Konsumsi Buah Buahan Segar

Banyak mengkonsumsi buah-buahan segar tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sangat efektif untuk menghilangkan bau badan. Beberapa jenis buah yang dapat mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan bau keringat yaitu seperti buah jeruk, apel, jambu biji, pepaya dan masih banyak lagi jenis-jenis buah lainnya.

  1. Gunakan Jeruk Lemon

Manfaat jeruk lemon terbukti sangat banyak dan ampuh, salah satunya yaitu bermanfaat untuk membantu menghilangkan bau badan tak sedap. Hal ini dikarenakan, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang juga dapat berperan sebagai antibakterial. Caranya sangatlah mudah dan sederhana, anda cukup membelah jeruk lemon menjadi dua bagian dan gunakan bagian dalam jeruk lemon tersebut dengan cara menggosok-gosokannya secara perlahan pada kulit ketiak. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bersihkan. Lakukan cara ini 2 kali seminggu setiap sebelum mandi, dalam satu bulan bau badan pun akan hilang dan tidak akan kembali lagi.

  1. Gunakan Daun Sirih

Sebagian dari kita mungkin hanya mengetahui jika daun sirih hanya baik untuk merawat organ kewanitaan saja, namun ternyata daun sirih ini memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satunya yaitu dapat menghilangkan bau badan dengan cepat dan alami.

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama siapkan 2-3 lembar daun sirih tua yang masih segar dan sehat, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, haluskan daun sirih tersebut hingga halus dengan cara di tumbuk.
  • Kemudian gunakan daun sirih yang telah dihaluskan tadi dengan mengoleskannya pada lipatan ketikan sambil dogosok-gosokan secara perlahan.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali seminggu setiap sebelum mandi.

Selain dapat digunakan untuk melakukan pengobatan luar, daun sirih juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk cara mengatasi bau badan. Caranya membuat ramuannya yaitu :

  • Siapkan 5 lembar daun sirih tua yang segar, lalu sobek-sobek dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih.
  • Setelah itu, saring dan angin-anginkan sampai hangat dan air rebusan siap diminum.
  • Minum air rebusan tersebut sampai habis dan lakukan secara rutin dan teratur 1 gelas perhari.
  1. Gunakan Daun kemangi

Pastinya anda sudah merasa tidak asing lagi dengan daun kemangi, jika anda suka memasak pastinya kenal dan bahkan sering menggunakannya untuk menyedapkan aroma masakan. Selain dapat dijadikan sebagai penyedap aroma masakan, ternyata daun kemangi juga sangat ampuh untuk mengatasi bau badan dengan cepat.

Caranya sangat mudah, anda cukup hanya dengan mengkonsumsi daun kemangi secukupnya saja atau anda bisa mencapurkannya dengan masakan atau dijadikan lalapan. Sering mengkonsumsi daun kemangi apalagi jika dikonsumsi secara langsung, maka bau badan akan cepat hilang dan bahkan sekaligus dapat mengatasi masalah bau mulut.

Baca Juga:

  1. Rajin Berolahraga

Dengan olahraga memang dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tetapi keringat yang dikeluarkan ketika sedang berolahraga sangat bagus untuk membantu mengeluarkan kotoran dan bakteri yang bersarang di dalam pori-pori kulit. Selain itu, dengan rajin berolahraga setiap hari selama 30 menit, maka racun dan zat penyebab bau badan di dalam tubuh akan ikut terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat. Oleh karena itu, disamping dengan mengkonsumsi makanan sehat juga rajin-rajinlah berolahraga setiap hari.

Bagaimana, tertarik untuk mecobanya?

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara alami menghilangkan bau badan tak sedap, semoga ulasan yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan berhasil mengatasi masalah bau badan dengan baik.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Inilah 8 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami | Doktersehat | 4.5
/* */