Kumpulan Penyakit

8 Cara Mengatasi Diare Pada Bayi Yang Benar

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi – Hingga saat ini masih banyak orang tua yang tidak mengetahui jika ternyata bayi mereka sedang menderita penyakit diare. Umumnya bayi yang terkena penyakit diare akan mengalami gejala seperti buang air besar yang lebih sering dari biasanya, namun kondisi ini tergantung dari umur bayi itu sendiri. Bagi bayi yang baru lahir memiliki tinja dengan tekstur yang lembut, terutama jika bayi tersebut mendapatkan ASI. Bahkan aroma dan warna tinja pada bayi yang baru lahir hampir sama dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu, jika bayi tersebut diberikan ASI secara eksklusif.

Penyebab Diare Pada Bayi

Ada beberapa penyebab bayi terkena penyakit diare, diantaranya yaitu :

  • Terinfeksi virus seperti virus influenza, rotovirus, astrovirus, calicivirus dan adenovirus.
  • Terinfeksi bakteri seperti E.colli, Shigella, Campylobacter dan Staphylocossus.
  • Terinfeksi parasit seperti giardisi
  • Infeksi telinga
  • Reaksi obat-obatan tertentu seperti pemberian obat antibiotik.
  • Minuman tidak sehat yang mengandung pemanis buatan.
  • Alergi makanan tertentu
  • Terkena intoleransi terhadap makanan
  • Keracunan ASI, susu formula atau makanan pendamping ASI.

Tanda Diare Pada Bayi Yang Sudah Parah

Berikut ini beberapa tanda jika penyakit diare yang diderita oleh bayi sudah parah dan harus segera mendapatkan pertolongan medis, yaitu :

  • Bayi menderita diare lebih dari 24 jam dan tidak ada tanda-tanda diare membaik.
  • Diare yang disertai dengan muntah-muntah dan terjadi beberapa kali dalam sehari.
  • Tubuh bayi mengalami dehidrasi dengan ditandai mulut bayi kering, bayi tidak buang air besar dan kecil selama lebih dari 6 jam yang disertai dengan bayi menangis tanpa mengeluarkan air mata.
  • Pada saat buang air besar, tinja bercampur dengan darah atau tinja berwarna hitam.
  • Tubuh bayi mengalami demam tinggi lebih dari 38.9 derajat Celcius.

Itulah beberapa tanda jika diare yang diderita oleh bayi sudah parah dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi Di rumah sampai Ke Medis

  1. Berikan ASI Sesering Mungkin

Ketika bayi anda menderita diare, maka berikan ASI sesering mungkin untuk mencegah tubuh bayi mengalami dehidrasi, karena umumnya tubuh bayi akan sangat mudah kehilangan cairan tubuh ketika menderita diare jika dibandingkan dengan diare yang di alami oleh anak-anak atau orang dewasa. Pemberian ASI dengan sering dapat membantu agar tubuh bayi mampu mengaktifkan kembali sistem kekebalan tubuhnya, sehingga dapat mencegah diare bertambah parah.

  1. Hentikan Pemberian Susu Formula Untuk Sementara Waktu

Jika bayi anda tidak mendapatkan ASI dan diberikan susu formula sebagai pengganti ASI, maka sebaiknya hentikan sementara waktu pemberian susu formula pada bayi atau mintalah petunjuk dokter. Hal ini dikarenakan, pemberian susu formula ketika bayi anda sedang terkena diare, justru dapat menambah parah diare yang di alami oleh bayi, karena di dalam susu formula mengandung gula yang dapat membuat kondisinya semakin memburuk. Selain itu, pemberian susu formula yang berasal dari susu sapi dapat menyebabkan bayi mengalami alergi terhadap kandungan protein yang terdapat pada susu.

  1. Memberikan Makanan Padat (khusus)

Jika bayi anda sudah mendapatkan makanan padat, maka anda dapat terus memberikan makanan padat yang sehat. Hal ini dikarenakan, makanan padat dapat membantu tubuh bayi untuk memperoleh sumber energi dan juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Beberapa jenis makanan pada khusus yang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada bayi yang sedang menderita diare yaitu seperti roti gandum, oatmeal, sup kaldu ayam dan berikan juga beberapa jenis buah padat seperti buah apel dan buah pisang.

  1. Berikan Yoghurt (khusus untuk bayi)

Pemberian yoghurt pada bayi dapat membantu mengatasi diare, karena di dalam yoghurt mengandung bakteri baik yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Selain itu, kandungan bakteri Lactobacillus yang terdapat pada yoghurt berfungsi untuk mengikat tinja pada bayi yang menderita diare agar lebih padat. Namun ketika anda akan memberikan yoghurt pada bayi, pastikan anda memilih jenis yoghurt yang khusus diperuntukan bagi bayi yang bebas dari pengawet dan pemanis buatan.

  1. Memberikan Larutan Elektrolit

Minuman atau larutan yang di dalamnya mengandung elektrolit dapat membantu untuk mengatasi diare pada bayi, namun pemberian dari larutan elektrolit ini harus mendapatkan izin dari dokter. Anda bisa membuat larutan elektrolit sendiri dirumah dengan air putih dan garam dengan perbandingan yang tepat, mintalah saran dokter jika anda anda memberikan elektrolit untuk bayi anda.

  1. Lakukan Pijatan Dengan Bawang Merah

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan bayi menderita penyakit diare ini yaitu bisa disebabkan oleh karena tubuh bayi mengalami masuk angin dan kelelahan. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan tehnik pemijatan pada bagian punggung dan perut bayi anda dengan lembut.

Caranya yaitu, tumbuk 1-2 siung bawang merah dan beri sedikit minyak telon, lalu balurkan pada bagian punggung dan perut bayi secara merata sambil dilakukan pemijatan dengan lembut. Cara ini dapat embuat tubuh bayi menjadi hangat dan lebih nyaman, bawang merah ini dapat membantu bayi mengeluarkan angin, menghilangkan rasa lelah dan perut kembung.

  1. Hindari Gula Bagi Ibu Menyusui

Jika bayi anda mengalami diare dan bayi anda selalu mendapatkan ASI, maka ibu hamil harus menghindari konsumsi gula yang terdapat pada makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan, apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan disalurkan dan diterima oleh bayi anda dalam bentuk ASI. Maka dari itu, hindari konsumsi minuman berenergi, minuman bersoda dan minuman berkafein.

  1. Segera Lakukan Perawatan Di Rumah Sakit

Jika anda sudah memberikan obat diare alami dan perawatan dirumah tapi tidak ada menunjukan kondisi siare pada bayi anda membaik, maka segera bawa bayi anda ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis dan dilakukan rawat inap. Di rumah sakit, bayi akan mendapatkan perawatan dengan pemberian cairan infus untuk membantu mengatasi dehidrasi, pemberian obat-obatan yang bertujuan untuk menghantikan diare dan juga pemberian antibiotik untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Tips Mencegah Diare Pada Bayi

Berikut ini beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk mencegah bayi terkena diare, diantaranya yaitu :

  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan diare
  • Jika ada tanda-tanda bayi anda mengalami diare akibat pemberian susu formula, maka segera ganti dengan merk susu formula lainnya yang memiliki kualitas lebih bagus.
  • Menjaga kebersihan pakaian, peralatan makan, tempat tidur bayi dan lingkungan yang biasa digunakan oleh bayi untuk bermain.
  • Selalu biasakan mencuci tangan sebelum menangani bayi dan bersihkan mainan bayi atau benda yang sering disentuh oleh bayi.
  • Besihkan tangan bayi secara rutin dengan lap yang dibasahi dengan air hangat atau tisu basah khusus untuk bayi agar terhindari dari virus dan bakteri penyebab diare.
  • Jika bayi anda terbiasa memakai empeng atau botol susu, maka patikan anda selalu membersihkan empeng dan botol susu setiap kali akan diberikan. Jika perlu, rendam terlebih dahulu botol dan empeng dengan air panas mendidih untuk membasmi kuman dan bakteri.

Demikianlah sedikit ulasan kesehatan yang dapat kami paparkan mengenai cara mengatasi diare pada bayi, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda terutama bagi anda yang baru memiliki anak pertama.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • Asi atasi diare
  • cara mengatasi bayi diare
  • penyebab diare parah dimalam hari pada bayi
8 Cara Mengatasi Diare Pada Bayi Yang Benar | Doktersehat | 4.5
/* */