Kumpulan Penyakit

10 Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar Yang Benar

Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar

Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar

Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar – Jika bayi tidak buang air besar selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, kemungkinan besar bayi anda menderita sembelit. Masalah bayi mengalami sembelit biasanya jangan terjadi pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, namun tidak menutup kemungkinan sembelit juga bisa dialami oleh bayi secara umum. Jika sembelit ini terjadi pada bayi yang baru lahir, makan mungkin saja bayi mengalami gangguan pada pencernaannya.

Bayi yang mengalami sembelit dapat dikenali dengan beberapa tanda, seperti bayi mengalami kesakitan saat buang air besar, bayi tidak BAB lebih dari 3 hari atau bahkan seminggu, bayi sering merasa tidak nyaman dan sering menggeliat. Pada kondisi ini, biasanya bayi akan sering menangis secara terus menerus, itu menandakan jika bayi merasa tidak nyaman pada perutnya. Ketika hal ini terjadi pada bayi anda, maka sebagai orang tua sebaiknya jangan terlalu panik. Anda bisa mencari tahu apa yang menyebabkan bayi anda mengalami susah buang air besar.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Paling Efektif

Jika lebih bayi anda mengalami susah buang air besar kurang dari 1 minggu, maka anda bisa segera melakukan penanganan sejak dini dirumah dengan melakukan beberapa cara alami seperti :

  1. Jangan Dulu Memberikan Makan Bubur Untuk Sementara Waktu

Jika bayi anda sudah diberikan makanan tambahan dan anda sering memberikan bubur untuk bayi, maka pada kondisi seperti ini sebaiknya anda tidak dulu memberi makan bayi anda dengan bubur dan termasuk jenis bubur instan. Hal ini dikarenakan, bubur instan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan bayi semakin memburuk, sebagai gantinya anda bisa memberikan makanan lain yang lebih aman dan baik untuk pencernaan bayi. Jika bayi anda masih mendapatkan ASI dalam jumlah cukup, sebaiknya cukup berikan ASI atau susu formula saja.

  1. Batasi Pemberian Susu Formula

Khusus untuk bayi yang diberikan susu formula, maka sebaiknya anda membatasi pemberian susu formula untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan, bisa jadi sembelit yang diderita bayi anda disebabkan oleh susu formula yang anda berikan. Kandungan nutrisi seperti gula dan protein yang terdapat pada susu formula dapat menyebabkan usus besar bayi mengalami beban yang terlalu berat, sehingga usus besar bayi mau tidak mau dituntut harus bekerja ekstra keras.

Selain itu, susu formula juga lebih sulit untuk diserap oleh usus. Hal ini dikarenakan, bahan susu formula lebih padat dibandingkan dengan ASI. Anda tidak perlu menghentikan pemberian susu formula, tetapi cukup dengan mengurangi jumlah pemberiannya saja, tetap berikan susu formula dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan dari pola makan bayi.

  1. Berikan ASI Sesering Mungkin

Ketika bayi anda mengalami sembelit, maka salah satu solusi terbaiknya yaitu dengan memberikan ASI secara sering. Sebab, di dalam ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan berperan penting sebagai antibodi yang diperoleh bayi langsung dari tubuh ibu saat menyusui. Secara alami, pemberia ASI secara sering dapat membantu memperlancar buang air besar pada bayi.

  1. Berikan Air Minum Dalam Jumlah Cukup

Jika bayi anda sudah diberikan air minum biasa atau air mineral, maka untuk mengatasi sembelit pada bayi bisa dilakukan dengan memberi bayi anda minum air putih dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenakan, air putih mampu menggantikan cairan tubuh dan membantu melancarkan buang air besar. Namun bayi yang masih berumur kurang dari 6 bulan, sebaiknya hindari pemberian air mineral.

  1. Mengganti Merk Susu Formula

Sebagian bayi yang diberikan susu formula sejak lahir, maka biasanya bayi akan memiliki pencernaan yang lebih peka dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI Eksklusif. Pada kondisi seperti ini, pencernaan pada bayi tidak mampu menyerap berbagai kandungan zat dari makanan dalam jumlah yang cukup. Jika anda terus memaksakan bayi untuk menerima susu formula yang biasa anda berikan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan bayi mengalami sembelit. Salah satu solusinya, sebaiknya anda mengganti susu formula yang biasa anda berikan dengan merk susu formula yang baru dan memiliki kualitas yang lebih baik.

  1. Berikan Makanan Sehat Seperti Buah Dan Sayuran Hijau

Untuk bayi umur diatas 6 bulan dan sudah diberi makanan pendamping ASI, sebaiknya anda juga memberikan jenis makanan dari buah dan sayuran hijau. Ini dikarenakan, buah dan sayuran hijau sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit pada bayi. Anda dapat memberikan buah dan sayuran hijau dengan cara di olah menjadi jus buah dan sayur. Beberapa jenis buah yang paling direkomendasikan untuk mengatasi sembelit, yaitu seperti buah pepaya, apel, pir, bayam dan juga brokoli. Pastikan anda memasak bahan alami ini dengan baik dan benar, agar kandungan zat-zat berbahaya dan nutrisi penting di dalam buah dan sayur tidak rusak.

  1. Membantu Bayi Untuk Menggerakkan Kaki Seperti Sedang Mengayuh Sepeda

Cara mengatasi bayi susah buang air besar berikutnya yang bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan cara melakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Caranya yaitu, baringkan bayi anda di atas kasur dan angkat kedua kakinya agak ke atas. Setelah itu, gerakan kedua kaki bayi anda seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur. Pastikan anda tidak memaksa untuk melakukannya lagi jika bayi anda sudah mesa lelah.

  1. Memijat Perut Bayi

Ketika bayi sedang mengalami sembelit, maka salah satu cara alami yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pemijatan pada perut bayi. Lakukan pemijatan secara lembut dan perlahan di bagian perut bayi, gunakan minyak kayu putih atau minyak telon agar tubuh bayi menjadi lebih hangat. pastikan anda tidak terlalu menekan perut bayi, karena bisa menyebabkan bayi merasa kesakitan dan tidak nyaman. Jika anda tidak bisa melakukannya, anda bisa meminta bantuan bidan untuk mengajarkan bagaimana cara memijat perut bayi yang benar.

  1. Memandikan Bayi Dengan Air Hangat

Cara lain yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi sembelit pada bayi yaitu dengan memandikan bayi dengan air hangat. Efek dari air hangat dapat membuat tubuh bayi menjadi lebih nyaman dan santai, setelah itu perut bayi akan menjadi lebih longgar. Selain itu, cara ini juga dapat membuat bayi sering buang angin dan kemudian akan diikuti dengan buang air besar. Untuk mendapatkan efek lebih cepat, anda bisa memandikan bayi setelah bayi selesai di pijat pada bagian perutnya.

  1. Melakukan Stimulasi Otot Pada Dubur

Jika beberapa cara yang telah dijelaskan diatas tidak dapat membantu mengatasi bayi susah buang air besar, maka anda bisa mencoba untuk melakukan stimulasi terhadap otot-otot pada bagian dubur bayi. Caranya yaitu, anda dapat menggunakan bantuan alat termometer yang digunakan khusus untuk dubur bayi. Tempelkan bahan khusus pada bagian ujung dari termometer tersebut, lalu masukan secara perlahan pada dubur bayi anda dengan pelan-pelan jangan sampai membuatnya merasa kesakitan dan jangan memasukkannya terlalu dalam. Lakukan cara ini beberapa kali sampai bayi anda buang air besar, namun jika anda merasa ragu untuk melakukannya, anda bisa meminta bantuan bidan terdekat.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi susah buang air besar, jika bayi masih tidak mau buang air besar lebih dari seminggu, sebaiknya segera kunjungi dokter atau bidan terdekat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • bayi susah bab
  • obat bayi susah bab
  • cara mengatasi bayi susah bab
  • cara mengatasi susah bab pada bayi
  • obat susah bab pada bayi
  • bayi susah buang air besar apa obatnya
  • bayi susah bab apa solusinya
  • cara mengatasi bayi tidak bab
  • obat untuk bayi susah bab
  • obat susah BAB
  • bayi susah buang air besar
  • obat susah bab untuk bayi
  • cara melancarkan bab pada bayi
  • cara mengatasi bayi susah buang air besar
  • bayi su
10 Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar Yang Benar | Doktersehat | 4.5
/* */