Kumpulan Penyakit

Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

Cara Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan

Cara Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan

Cara Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan – Kehamilan akan membuat bentuk dan postur tubuh seorang anda mengalami perubahan drastis, bahkan perubahan tersebut dapat memicu rasa sakit di sekitar punggung. Rasa tidak nyaman tersebut bisa terjadi pada saat memasuki usia kehamilan trimester kedua.

Rasa nyeri pada punggung saat tengah hamil biasanya akan terjadi pada bagian sendi sakroiliaka, daerah dimana tempat bertemunya tulang panggul dengan tulang belakang. Rasa nyeri akan semakin terasa pada saat posisi tubuh membungkukan badan ke depan, bahkan anda juga pasti akan mengalami kesulitan untuk bergerak seperti ketika berjalan jauh dalam jangka waktu yang cukup lama, mengangkat beban ringan, bangun tidur atau berdiri dari posisi duduk, memakai atau membuka pakaian dan berbagai aktivitas lainnya.

Penyebab Sakit Punggung Selama Kehamilan

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit punggung di masa kehamilan, diantaranya yaitu :

  • Perubahan Hormon

Di bagian tulang dan sendi dapat terhubung oleh karena adanya jaringan ikat yang bernama ligamen. Pada saat sedang hamil, tubuh anda akan memproduksi hormon yang bernama relaxin yang dapat membuat ligamen menjadi lebih rileks dan daerah persendian akan menjadi lebih longgar guna dalam mempersiapkan proses persalinan.

Ligamen yang berperan dalam menopang tulang belakang juga akan terkena dampak dari hormon tersebut, sehingga ligamen akan menjadi lebih longgar dan keseimbangan tubuh akan terganggu dan menyebabkan muncul rasa nyeri.

  • Berat Badan Berlebih

Kenaikan berat badan akan dialami oleh ibu hamil yang sehat, penambahan berat badan akan terjadi antara 11-15 kg. Di bagian tulang belakang yang memiliki tugas untuk menopang tubuh ibu hamil pun akan semakin terbebani akibat penambahan berat badan tersebut, sehingga dapat menyebabkan punggung bagian bawah terasa sakit.

  • Perkembangan Janin

Semakin tua usia kehamilan anda, maka janin akan semakin besar dan rahim ibu pun akan ikut membesar. Dari perkembangan inilah yang menyebabkan terjadi penekanan pada pembuluh darah dan saraf di area panggul  dan punggung anda.

  • Perubahan Postur Tubuh

Tanpa anda sadari bahwa postur tubuh akan terus terjadi perubahan secara bertahap, karena kehamilan dapat menyebabkan terjadi pergeseran pada berat maupun gravitasi tubuh anda. Begitupun dengan gaya berjalan anda, kondisi ini dapat menyebabkan punggung terasa sakit.

  • Sering Stress

Ketika anda mengalami stres, maka otot pada bagian punggung akan mengalami peregangan. Pada akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit di area punggung.

  • Otot Menjadi Terpisah

Akibat dari pembesaran rahim dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia kehamilan anda, maka otot yang berjalan dari bagian tulang rusuk menuju ke tulang kemaluan akan terpisah. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung semakin parah dan cukup menyiksa anda.

Rasa sakit pada area punggung yang diderita oleh setiap ibu hamil mungkin akan berbeda-beda, namun jika rasa sakit yang anda alami sudah sangat parah dan tidak tertahankan lagi. Maka sebaiknya segera atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Cara mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu meredakan rasa sakit pada punggung selama kehamilan, yaitu :

  • Lakukan Pijatan

Jika anda sedang merasakan rasa sakit di area punggung, maka anda bisa meminta suami untuk memijat secara lembut dan perlahan pada punggung bagian bawah dan otot-otot yang ada di sekitar punggung. Dengan dilakukan pemijatan dengan lembut, maka rasa sakit akan mulai berkurang.

  • Mengkompres Punggung

Setelah dilakukan pemijatan, maka anda bisa mengkompresnya dengan menggunakan handuk yang telah di isi dengan es batu. Lakukan pengompresan selama 20-30 menit sebanyak beberapa kali dalam sehari. Setelah tiga hari, anda bisa mencoba melakukan pengompresan dengan air hangat.

Caranya yaitu dengan mengisi botol kaca dengan air panas dan tempelkan pada punggung yang terasa sakit. Dengan cara ini mungkin dapat sedikit membantu meredakan rasa sakit. Pastikan anda tidak langsung menempelkan botol kaca pada kulit punggung anda, sebaiknya balut lagi dengan kain atau handuk kering agar tidak terlalu panas.

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Cara mengobati rasa sakit pada punggung selama kehamilan juga bisa dilakukan dengan cara merubah atau memperbaiki postur tubuh anda. cobalah dengan tidak memutar tubuh anda ketika sedang mengangkat beban atau membungkuk pada saat sedang duduk. Anda juga sangat tidak disarankan untuk berlama-lama pada satu posisi, sebaiknya atur sesering mungkin dengan posisi berbeda mulai dari duduk, tidur menyamping, berdiri dan posisi lain yang menurut anda merasa nyaman.

  • Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga dapat memperkuat otot dan juga dapat membantu meningkatkan kelenturan, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan di bagian tulang belakang. Namun pastikan anda menjalankan tehnik olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti berjalan santai, senam ibu hamil atau berenang.

Selain itu, dengan melakukan olahraga ringan untuk memperkuat otot bagian perut juga dapat membantu dalam meringankan rasa sakit dibagian punggung. Caranya yaitu, anda bisa memulai melakukan gerakan dengan posisi tubuh merangkak. Posisikan tangan berada di bawah bahu, kemudian jari-jari tangan anda menghadap ke depan dan lutut tepat berada di bagian bawah pinggul.

  • Melakukan Akupuntur

Tehnik pengobatan alternatif ini bisa menjadi solusi terbaik untuk membatu meredakan rasa sakit di bagian punggung. Jika anda akan mencoba untuk melakukan akupuntur, pastikan praktisi yang menangani anda sudah terlatih dan berpengalaman.

  • Chiropractic

Cara melakukan manipulasi Chiropractic di bagian tulang belakang termasuk cara yang aman dilakukan selama kehamilan. Meski demikian, sebaiknya anda tetap mengkonsultasikannya dengan dokter atau bidan sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan dengan cara ini.

  • Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Menghilangkan rasa sakit pada punggung selama kehamilan memang sangat efektif dan cepat, namun obat yang gunakan haruslah atas rekomendasi dari dokter atau bidan yang selalu rutin menangani pemeriksaan kehamilan anda setiap bulannya.

Jika anda sudah mencoba beberapa cara di atas namun rasa sakit masih tidak kunjung membaik, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cara Mencegah Sakit Punggung Selama Kehamilan

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah sakit punggung selama kehamilan, diantaranya yaitu :

  1. Hindari mengangkat barang yang memiliki beban terlalu berat.
  2. Tekukan lutut dan jaga posisi punggung anda tetap lurus ketika sedang mengambil sesuatu di lantai.
  3. Fungsikan kaki anda ketika anda ingin membelikan badan agar tidak membuat tukang belakang ikut memutar.
  4. Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi, sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki permukaan datar agar penyebaran dari beban tubuh anda menjad lebih merata.
  5. Ketika anda sedang membawa barang belanjaan, pastikan posisi tubuh anda tetap seimbang dengan membagi beban antara kedua tangan anda.
  6. Ketika sedang duduk, pastikan posisi punggung anda tegak lurus. Anda juga bisa mengganjal punggung dengan bantal atau handuk yang digulungkan.
  7. Usahakan agar anda bisa istirahat dalam waktu yang cukup setiap harinya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa penyebab dan cara mengobati sakit punggung selama kehamilan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cra mnghlngkn jrawat
  • obat rematik secara alami
  • CARA MENGATASI GIGI BERLUBANG ?
  • cara mengatasi muka berjerawat
  • cara mengurangi rasa sakit pada saat sakit gigi
  • memutih kan wajah dengan cara alami
  • mengobati rematik dengan bahan alami
  • obat herbal untuk memutihkan ketiak
Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan | Doktersehat | 4.5
/* */