Kumpulan Penyakit

Gejala Penyakit Campak Pengobatan dan Pencegahannya

penyakit campak

penyakit campak

Penyakit Campak – Penyakit Campak merupakan penyakit yang berasal dari infeksi virus golongan Paramixovirus. Penyakit campak terkadang disebut Measles. Penyakit campak sama dengan Rubeolla, penyakit campak jerman namun meskipun hampir sama tetapi penularan dan gejalanya agak sedikit berbeda. Penyakit Campak mudah ditularkan dan juga akan menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.

Penyakit campak yang dikenal sebagai rubeolla, rubeolla sendiri yaitu dimana merupakan infeksi virus pada sistem pernapasan. Penyakit campak sangat mudah menular dan menyebar melalui lendir penderita melalui batuk dan bersin, pilek. Dari data WHO yang ditemukan yang dikutip dari kompas, bahwa penyakit campak sudah menjadi penyebab utama pada kematian anak-anak pada tahun 2010. Sebagian besar anak-anak yang berusia 5 tahun.

Bahaya Penyakit Campak

Meskipun dianggap penyakit dengan bentuk yang paling ringan namun paling cepat menyebar. Meskipun jumlah penyakit campak secara signifikan telah menurun, namun beberapa dekade muncul kembali akibat imunisasi. Dimana terjadi pada umumnya kepada anak-anak yang tidak diberikan vaksinasi. Namun daerah yang sangat rentang terserang virus dapat menyebar dengan begitu cepat.

Vaksin sendiri dikaitkan pada kerusakan otak dan koma dan saat ini orangtua sendiri meyakini bahwa penyakit campak dapat menyebabkan autis pada anak-anak. Sejauh ini belum ada penelitian menemukan hubungan antara autisme dan imunisasi. Tidak hanya itu saja, kekurangan vitamin A juga menambah resiko terkena penyakit campak. Untuk itu anak-anak sebaiknya mengkonsumsi vitamin A lebih banyak.

Gejala Penyakit Campak

Umumnya penyakit campak muncul dalam waktu 45 hari dari terkenanya virus. Berikut ini merupakan gejala campak yang akan anda rasakan dan lihat sebelum terjadinya penyakit campak.

  • Batuk, pilek, sakit tenggorokan.
  • Demam
  • Mata merah
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri otot
  • Ruam merah pada kulit
  • Bintik putih dalam mulut

Penyebab utama dari penyakit campak adalah ruam pada kulit. Ini dapat bertahan selama kurang lebih 7 hari dan umumnya terjadi 3-5 hari setelah terkena virus. Ruam biasanya berkembang di kepala, leher dan perlahan akan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tanda ruam yaitu merah, gatal dan benjolan.

Ciri khas dari penyakit campak yaitu bintik putih di mulut bila perlu dokter akan melakukan pemeriksaan tes darah untuk memeriksa virus campak. Kebanyakan orang-orang yang terkena penyakit campak juga akan mengalami nyeri sendi, terutama pada bagian tangan dan lutut.

Ibu hamil yang terserang penyakit campak akan beresiko tinggi komplikasi. Anak yang belum lahir pun akan berpotensi terserang virus yang menyebabkan beberapa kondisi seperti katarak, gangguan pendengaran, ketidakmampuan belajar bahkan kematian pada janin.

Pada masa erupsi terserangnya penyakit campak, demam akan masih sering terjadi pada penderita penyakit campak. Seringkali gejalanya kian memburuk. Badan akan terasa lemas, semakin meninggi, gejala diare, muntah-muntah yang semakin parah. Masa terparah penyakit campak akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pengobatan Penyakit Campak

Sejauh ini masih belum ada obat yang dapat mengobati penyakit campak secara keseluruhan meskipun ketika terserang penyakit cacar penderita biasanya akan mengkonsumsi berbagai obat-obat yang diberikan oleh dokter. Umumnya obat tidak menghilangkan penyakit campak justru hanya meredakan gejalanya saja agar tidak semakin memburuk.

Virus serta gejala penyakit campak kadangkala hilang dalam waktu 2 hingga 3 minggu namun akan membekas apabila menggaruk rasa gatal pada bagian tubuh. Yang baik dilakukan oleh penderita campak hanya dengan istirahat cukup. Hal tersebut sebaiknya akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat penyakit campak menyerang.

Minum banyak cairan dan juga vitamin A akan membantu melegakan tenggorokan. Cara mengobati penyakit campak juga bisa diatasi dengan minum air kelapa muda dimana sebagai penetralisir, itulah yang diketahui oleh sebagian masyarakat.

Namun ternyata salah. Air kelapa muda sendiri memang sebagai cairan yang dikenal untuk mencegah dehidrasi, gejala namun belum ada bukti bahwa air kelapa dapat menyembuhkan infeksi virus penyakit campak.

Cara Mencegah Penyakit Campak

Untuk mencegah terkena penyakit campak, kemungkinan dengan proses imunisasi. Vaksin MMR akan melindungi anda maupun anak-anak dari penyakit campak. Anak-anak dapat menerima vaksin MMR saat usia mereka 12 bulan kemudian di lanjut saat usia 4 dan 6 tahun. Untuk orang dewasa sendiri bisa meminta vaksin pada dokter. Sebaiknya membatasi interaksi dengan orang lain yang terkena penyakit campak.

Pada penderita penyakit campak yang paling terpenting adalah dengan menjaga dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh ke kondisi sehat. Saat masa perawatan memang diperlukan untuk penderita penyakit campak mengkonsumsi vitamin apabila itu diperlukan. Sistem kekebalan tubuh yang sempurna akan membentuk kekebalan atas virus yang menyebabkan resiko penyakit campak.

Sehingga kemungkinan terkena kembali dimasa depan akan menurun. Kekebalan tubuh yang renda pada penderita penyakit campak akan memperlambat proses penyembuhannya dan mungkin akan komplikasi infeksi saluran pernapasan.

Berdasarkan sebuah penelitian, bahwa tingkat penyakit campak yang mengalami komplikasi lebih umum terjadi kepada penderita dewasa dibandingkan dengan anak-anak sendiri. Sebaiknya penderita diharuskan ke perawatan medis agar mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

Dikarenakan penularan penyakit campak bisa terjadi dimanapun, bahkan hanya dengan melalui udara saja dan penularannya pun tidak terasa sama sekali hingga muncul gejala bintik dan juga ruam merah pada kulit. Maka memang sejak dini perlu dilakukan imunisasi campak.

Nah bagaimana lebih baik mencegah dari pada mengobati, Demikian ulasan penulisan yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengobati Penyakit Campak, semoga ulasan yang telah kami berikan bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga anda semoga anda cepat sembuh 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • pencegahan campak
  • campak penyebab penularan penyakit danpencegahan
  • Pencegahan penyakit campak
  • penyebab cara penularan dan cara pengobatan penyakit campak
  • penyebab campak dan cara pencegahannya
  • penyakit virus dan vara pengobatab dan pencegahannya
  • penyakit campak dan cara pencegahannya
  • penyakit campak cara penularan cara pencegahan dan cara pengobatan
  • upaya pencegahan viris pemyakit campak
  • cara penularan dan pengobatan penyakit campak
  • cara pencegahan campak
  • cara mengatasi penularan campak
  • cara mencegah virus campak
  • cara mencegah penyakit campak
  • Cara mencegah campak
Gejala Penyakit Campak Pengobatan dan Pencegahannya | Doktersehat | 4.5
/* */