Kumpulan Penyakit

10 Penyakit Berbahaya Dari Kebiasaan Minum Teh

Bahaya Kebisaan Meminum Teh

Bahaya Kebisaan Meminum Teh

Bahaya Kebisaan Meminum Teh | Hampir semua orang menyukai minuman teh, baik teh hangat maupun es teh dingin. Bahkan baik dirumah atau di warung makan, dan restaurant sekalipun , akan selalu tersedia minuman teh ini. Minuman teh memang tidak hanya memiliki citarasa dan aroma yang segar saja akan tetapi, bahan tehnya sendiri memang sangat mudah untuk di dapatkan dan harganya pun sangat terjangkau, sehingga tak perlu heran jika dimanapun kita bisa memesan minuman teh ini. Minuman teh memang dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat menciptakan ketenangan di saat kita menikmatinya. Bahkan meminum teh di sore hari akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Bahaya Minuman Teh Terlalu Sering Untuk Tubuh

Namun hampir semua minuman memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, akan tetapi disisi lain juga bisa memberikan dampak yang kurang baik atau bahkan bahaya untuk tubuh, terlebih jika kita mengkonsumsinya dengan sesuka hati kita dan tanpa memperhatikan porsinya atau sangat berlebihan. Sama halnya dengan meminum teh, yang ternyata juga menyimpan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja bahaya meminum teh bagi tubuh? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

  1. Berisiko Terserang Anemia.

Dampak kurang baik yang ditimbulkan dari kebisaan meminum teh  salah satunya adalah berisiko tinggi terserang anemia atau kekurangan darah. Diketahui bahwa dalam teh terdapat kandungan kafein, tannin dan juga fluorin yang dapat mengganggu penyerapan zat besi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Padahal kandungan zat besi ini sangat diperlukan untuk proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dan jika kebisaan meminum teh ini terus berlanjut, tentu akan membuat potensi terserang anemia semakin besar.

  1. Osteoporosis.

Minuman teh tidak hanya bisa meningkatkan kandungan fluoride dalam darah yang dapat menyebabkan nyeri di persendian tulang, akan tetapi jika sampai minuman teh ini terus dikonsumsi dalam jumlah yang terlampau banyak maka akan menimbulkan gangguan tulang seperti osteoporosis. Hal ini bisa saja terjadi sebab meminum teh berlebih akan menciptakan proses reabsorpsi yang akan lebih banyak mengikat kandungan kalsium yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga jika kegiatan meminum teh ini terus berlanjut dan selalu berlebihan maka akan banyak kandungan kalsium yang diserap dan terbuang bersama urin. Hal ini akan membuat kalsium yang seharusnya berfungsi untuk memperkuat tulang justru hilang dan akibatnya tulang tidak bisa mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya.

  1. Penyebab Diare.

Disarankan untuk menghindari mengkonsumsi minuman teh di saat dilanda gangguan pencernaan seperti diare. Pasalnya minuman teh ini akan membuat kondisi pencernaan semakin memburuk. Mengkonsumsi teh akan membuat tinja yang akan kita keluarkan menjadi lebih encer dan akan membuat bakteri penyebab diare malah semakin berkembang.

  1. Penyakit Batu Ginjal.

Penting untuk menjadi pengetahuan kita semua, bahwa di dalam teh terkandung zat oxolate yang menjadi salah satu penyebab utama dari pembentukan batu ginjal. Umumnya seseorang dengan usia diatas 40 tahun akan lebih berisiko mengalami batu ginjal ini. Dan untuk kaum pria memiliki potensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaum wanita. Apabila setiap harinya mengkonsumsi minuman teh secara berlebihan, akan menstimulus pembentukan batu serta kristal dalam saluran pembuangan air seni. Untuk itu sangat tidak dianjurkan meminum teh setelah makan, karena hal ini akan menjadikan proses pembentukan batu ginjal semakin cepat.

  1. Penyakit Maag.

Banyak dari kita yang mungkin belum mengetahuinya, bahwa meminum teh disaat perut kosong akan membuat asam lambung di perut semakin meningkat jumlahnya. Sebab asam lambung ini akan terus di hasilkan oleh lambung yang bertujuan untuk memperlancar proses penyerapan makanan di bagian lambung. Membiarkan perut dalam keadaan kosong terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko penyakit maag terlebih ditambah dengan mengkonsumsi minuman teh. Hal ini akan membuat lambung rentan terhadap masalah peradangan dan memperparah kondisi sakit maag. Untuk itu hindari meminum teh sebelum dan sesudah makan itu sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi gangguan pada kesehatan.

  1. Penyebab Keguguran.

Pada saat hamil muda utamanya, lebih baik untuk membatasi diri dari minuman teh ini. Sebab ibu yang sedang hamil pada fase awal dan terlalu sering mengkonsumsi minuman teh, akan membuat permasalahan yang sangat serius yaitu terjadinya keguguran. Sebab kandungan teh yang berisi kafein ini dapat merangsang timbulnya kontraksi pada rahim yang dapat berpotensi pada keguguran

  1. Penyakit Kanker.

Tentunya kita tahu keganasan dari penyakit kanker yang merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mematikan. Dan ternyata pertumbuhan dari sel kanker dapat dipicu oleh salah satu jenis teh, yaitu teh celup. Mengapa? karena dalam proses pembuatan teh celup memakai bahan dari serbuk teh yang terbungkus di dalam kertas yang terbuat dari senyawa chlorine. Pada saat proses penyeduhan berlangsung, kertas chlorine akan terkena air panas dan membuat senyawa yang ada di dalam kertas ini ikut larut ke dalam air teh yang kita minum. Apalagi jika terus membiarkan kertas tersebut dalam air lebih dari 5 menit tentu akan semakin berbahaya, karena air teh ini akan bercampur dengan senyawa chlorine. Diketahui bahwa kandungan chlorine ini merupakan salah satu zat yang akan merangsang pertumbuhan sel kanker.

  1. Penyakit Jantung.

Tingginya kadar kafein di dalam minuman teh dapat membuat detak jantung berdenyut lebih cepat, hal ini sebagai akibat dari adanya tekanan darah yang sedang mengalami peningkatan. Terlebih jika minuman teh ini diminum oleh seseorang yang menderita penyakit jantung, maka akan menciptakan perasaan gelisah dan bisa mengakibatkan gangguan detak jantung yang berirama.

  1. Menyebabkan Nyeri Tulang dan Gigi.

Meminum teh memang salah satu kebisaan yang sering dilakukan oleh banyak orang termasuk kita. Ternyata dengan berlebihan meminum teh ini, dapat membuat darah dalam tubuh mengandung fluoride yang tinggi, yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada persendian tulang bahkan sampai ke gigi.

  1. Kelahiran Prematur.

Tidak hanya bisa menjadi penyebab keguguran saja, namun kandungan kafein yang dimiliki oleh teh berpotensi juga pada kelahiran prematur. Hal ini akan terjadi karena adanya kontraksi kuat yang terjadi pada rahim. Dan untuk ibu yang sedang menyusui, minuman teh ini juga bisa memberikan efek yang buruk, karena dapat membuat produksi kelenjar ASI menjadi terhambat.

Demikian beberapa bahaya dari kebisaan meminum teh yang wajib kita waspadai. Mungkin terlihat sepele namun jika terus dikembangkan, akan membuat masalah yang besar nanti-nantinya.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat yg mujarab menyembuhkan sakit gigi
  • mengobati sakit gigi yang aman alami dan manjur
10 Penyakit Berbahaya Dari Kebiasaan Minum Teh | admin Kesehatan | 4.5
/* */