Kumpulan Penyakit

Ini Bahayanya Jika Sering Mengucek Mata Dengan Tangan

bahaya mengucek mata

Bahayanya Mengucek Mata Dengan Tangan Mata kita merupakan jendela bagi kita, tanpa adanya mata yang sehat, tentu kita tidak dapat melihat segala keindahan yang berada di sekitar kita. Tanpa mata yang sehat kita juga tidak bisa melakukan banyak hal, karena berjalan, berlari bergerak kesana kemari semua akan lancar karena ditunjang dengan kondisi mata yang sehat pula.

Namun seringkali kita kurang menjaga dan merawat kondisi mata kita, bahkan tak jarang kita selalu menyiksanya dengan terus menggunakan mata kita untuk menatap layar komputer, dan gadget yang kita miliki tanpa berhenti. Dan terkadang kita juga kurang menyadari akan kebisaan buruk kita yang sering mengucek mata menggunakan tangan tanpa memikirkan kondisi kebersihan tangan kita. Terlebih jika kegiatan mengucek mata ini dilakukan dengan cara yang kasar, tentu akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan mata.

Dampak Buruk Mengucek Mata Menggunakan Tangan

Mengucek mata menggunakan tangan memang selalu dilakukan oleh banyak orang termasuk juga kita, hal ini secara otomatis akan dilakukan jika mata kita terasa gatal, perih, sakit, terasa ada yang mengganjal, kelilipan, saat merasa mengantuk, merasa lelah, saat merasa stres dan saat bangun tidur pun hal pertama yang dilakukan adalah mengucek mata menggunakan tangan. Kegiatan mengucek mata memang mampu memberikan efek yang positif, karena dapat merangsang keluarnya air mata yang berguna untuk melumasi kondisi mata yang kering dan membantu menghilangkan debu atau kotoran di dalam mata.

Selain itu, mengucek mata juga dapat sedikit meredakan rasa stres yang kita alami, sebab saat mengucek mata akan terjadi penekanan bola mata ke bawah saraf fagus yang akan memicu detak jantung menjadi lebih lambat. Namun, kita juga harus mengetahui bahwa tindakan mengucek mata ini juga memiliki dampak yang berbahaya untuk mata, berikut penjelasannya.

  1. Menimbulkan Pembengkakan Kornea Mata.

Tak disangka bahwa kegiatan mengucek mata saat bangun tidur memiliki efek yang buruk untuk mata. Sebab menggosok mata ini dapat membuat pembengkakan pada kornea mata. Hal ini di terjadi karena mata yang kelebihan cairan akibat kekurangan suplai oksigen dalam semalaman. Hal ini juga akan terjadi pada para pengguna softlens yang sedang mencoba melepas lensa kontaknya. Tidak hanya itu saja, menggosok mata juga dapat melukai mata sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada bagian kornea.

  1. Menyebabkan Gangguan Glaukoma.

Galukoma adalah salah satu jenis penyakit mata yang mempunyai gejala secara perlahan dan tidak langsung dirasakan oleh mata. Sehingga dengan sering mengucek mata dengan tangan akan semakin memperburuk gejala dari glaukoma ini yang secara berangsur dapat menyebabkan masalah kebutaan. Mengucek mata akan memberikan penekanan pada bola mata sebesar 20 mmHg, yang akan menjadi salah satu penyebab penyakit mata glaukoma ini.

  1. Terjadinya Kerusakan Saraf.

Masih berhubungan dengan penderita penyakit mata glaukoma, yang masih sering melakukan kegiatan mengucek mata dengan tangan. Dengan adanya peningkatan tekanan pada mata akibat mengucek, akan membuat aliran darah dibelakang mata menjadi terganggu dan akirnya dapat memberikan efek yang berbahaya karena bisa mengakibatkan kerusakan pada saraf mata. Jika hal ini terjadi maka penglihatan akan terganggu.

  1. Gangguan Pada Keratoconus.

Selanjutnya bahaya dari mengucek mata dengan tangan adalah dapat menyebabkan gangguan pada keratoconus yang mana gangguan ini merupakan suatu kondisi dimana bagian kornea mata melemah dan tersorong kedepan yang dapat membuat perubahan bentuk seperti kerucut atau meruncing. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi penglihatan mata.

Miopia merupakan kondisi yang dapat menjadikan penglihatan semakin memburuk. Miopia ini dapat terjadi karena organ mata tidak bisa memfokuskan cahaya yang masuk ke bagian retina mata yang berguna untuk melihat objek atau benda. Untuk para penderita miopia progesif, kegiatan mengucek mata akan mengakibatkan penglihatan yang semakin memburuk. Karena bagian retina mata yang sudah melemah akan mengalami masalah penekanan yang terjadi secara beruntun.

  1. Kornea Mata Menipis.

Ternyata kebisaan mengucek mata menggunakan tangan akan menyebabkan kornea mata menjadi tipis. Hal ini akan memicu terjadinya masalah infeksi berulang dan akan semakin bertambah buruk. Hal ini disebabkan karena bagian keratoconus yang terluka sehingga membuat gangguan pada penglihatan yang akan sulit untuk disembuhkan atau diperbaiki.

  1. Masalah Kebutaan.

Hal terparah yang dapat terjadi dari kegiatan mengucek mata menggunakan tangan adalah terjadinya kebutaan. Kebutaan ini akan membuat mata kita kehilangan fungsi utamanya yaitu untuk melihat. Kebutaan terjadi diakibatkan oleh beberapa penyebab yaitu karena irirasi, infeksi pada mata, katarak atau glaukoma yang didukung oleh kegiatan mengucek mata.

  1. Menyebabkan Mata Panda.

Kegiatan mengucek mata atau menggosok mata menggunakan tangan ternyata dapat menjadi salah satu penyebab dari mata panda atau munculnya lingkaran hitam pada area mata. Menggosok mata akan mengakibatkan pembuluh darah kecil yang berada di sekitar bagian mata menjadi pecah karena adanya tekanan yang terjadi secara terus menerus atau sering. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan terjadinya efek bayangan pada penglihatan dan mata yang terlihat lesu dan lelah.

  1. Penyebab Mata Bintitian.

Untuk bahaya mengucek mata dengan tangan selanjutnya adalah menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan mata bintitan. Bintitan pada mata dapat terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke mata kemudian menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu sebelum digunakan untuk mengucek mata, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu agar kuman, dan bakteri yang ada di tangan tidak berpindah dan menempel di mata kita.

  1. Membuat Mata Tertekan.

Kegiatan menggosok mata secara kasar atau keras yang dilakukan terlalu sering dan dalam waktu yang cukup lama akan membuat mata mengalami penekanan yang dapat menyakiti mata. Mengucek mata dinilai dapat memberikan efek kurang baik karena bisa menimbulkan masalah tekanan yang ukurannya 10 kali lebih keras dari batas normal.

Tidak disangka bukan, dari kegiatan mengucek mata yang terlihat sepele dapat menimbulkan berbagai gangguan pada mata. Untuk itu setelah kita mengetahui efek buruk mengucek mata menggunakan tangan, mulai sekarang cobalah untuk berhenti melakukan hal tersebut.

Nah sudah tahu kan, Demikian apa yang dapat kami sampaikan tentang dampak yang ditimbulkan saat anda terlalu sering mengucek mata anda sampai merah, semua hal itu pasti akan mengakibatkan keburukan, jika ada yang berbahaya dari efek dampak mengucek mata langsung saja pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • bayi menggisik mata menggunakan tangan
Ini Bahayanya Jika Sering Mengucek Mata Dengan Tangan | admin Kesehatan | 4.5
/* */